Multimedia pada Pembelajaran Ism Fa’il dan Ism Maf’ul dari Fi'il Mu’tal (Penelitian Pengembangan pada Media Pembelajaran)

ZULFAH AFIFAH HILYAH, . (2021) Multimedia pada Pembelajaran Ism Fa’il dan Ism Maf’ul dari Fi'il Mu’tal (Penelitian Pengembangan pada Media Pembelajaran). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Zulfah, Multimedia pada pembelajaran Ism Fail dan Ism Maf’ul dari Fi’il Mu’tal. (Penelitian Pengembangan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Power Point dalam pembelajaran Ism Fa’il dan Ism Maf’ul dari Fi’il Mu’tal bagi mahasiswa semester lima di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Hasil pengembangan multimedia berbasis Power Point interaktif terdiri dari 26 slide dan dirancang dengan desain background dalam kelas dan backsound untuk membuat Power Point lebih hidup dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Hasil penelitian melalui empat tahap dalam pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan Power Point Interaktif : (1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap multimedia pembelajaran Ism Fail dan Ism Maf’ul dari Fi’il Mu’tal, (2) Desain (Design), peneliti mengumpulkan dan merancang hal-hal yang diperlukan sebelum tahap pengembangan Power Point interaktif (3) Pengembangan (Development), proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Prof. Dr. Aceng Rahmat, M. Pd) dan ahli media (Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd), (4) Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 90% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka Power Point interaktif yang dikembangkan bagus dan cocok digunakan sebagai multimedia pembelajaran untuk pembelajaran Sharaf 2 khususnya pada materi Ism Fail dan Ism Maf’ul dari Fi’il Mu’tal. Zulfah, The Development of Multimedia in Learning Ism Fa’il and Ism Maf’ul from Fi’il Mu’tal. (Research Development in Learning Media) Skripsi. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. January 2021. This study aimed to obtain the development of interactive Power point based multimedia learning for learning Ism Fa’il and Ism Maf’ul from Fi’il Mu’tal for 5th semester students of Arabic Language Education Study Program at Jakarta State University. The results of the development of interactive power point multimedia learning consisting of 26 slides and is designed with animation colors and sound to make the interactive power point more life and enjoyment. The method used in this research is research and development methods with ADDIE Model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). He results of the study went through four steps in in the development of learning media using the interactive power point : (1) Analyze of the needs of Lecturers and Students of Arabic Language Study Program on Arabic multimedia learning especially for learning Ism Fa’il and Ism Maf’ul from Fi’il Mu’tal, (2) Design, researchers collect and design things that are needed before the development stage of interactive power points, (3) Development, The process of evaluating product design is done by giving an assessment. Product assessment was carried out by material experts (Prof. Dr. Aceng Rahmat, M,Pd) and media experts (Dr. Raden Ahmad Barnabas M.Pd), then (5) Evaluate, the product based on the result of the quistionnaire given to material experts shows the average of score percentage is 89% “Very Decent”, and media expert shows the average is score percentage is 90% “Very Decent”. Therefore, the interactive Power Point developed is good and suitable for use as a multimedia learning for learning Ism Fa’il dan Ism Maf’ul from Fi’il Mu’tal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Romdhoni M.Pd 2.) Dr. Mohamad Sarip M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8933 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:15
Last Modified: 12 Mar 2021 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item