PENGARUH BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 139 JAKARTA (Studi Eksperimen di SMP Negeri 139 Jakarta Timur)

MIRA AUDIRA FITRIANNISA, . (2016) PENGARUH BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 139 JAKARTA (Studi Eksperimen di SMP Negeri 139 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (159kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan biblioterapi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 139 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pre-eksperimen (one group pre-test post test). Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah 6 orang, diperoleh melalui hasil pre-test di kelas VII-5 SMP Negeri 139 Jakarta yang memiliki skor kepercayaan diri rendah. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 72 responden. Pengujian perhitungan validitas instrumen diolah dengan menggunakan Statistical Package for The Social Sciences (SPSS). Hasil perhitungan validitas diperoleh 59 butir item valid dan 9 butir item tidak valid, sedangkan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha menunjukan 0,71 yang berarti instrumen termasuk dalam kategori reliabel. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Matchs Pair. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows yang menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.028, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak diterima. Skor rata-rata peningkatan kepercayaan diri siswa yang mendapatkan perlakuan dengan biblioterapi mengalami peningkatan sebesar 36 poin. Sebelum dilakukan perlakuan skor keseluruhan siswa 157 poin, dan setelah perlakuan mendapatkan skor keseluruhan sebesar 193 poin. Implikasi dari penelitian ini adalah, penggunaan biblioterapi membuat siswa mendapat pemahaman-pemahaman baru, pandangan-pandangan baru, cara pemecahan masalah baru dan mampu mengembangkan penilaian positif terhadap diri siswa. Saran untuk guru BK di sekolah, sekiranya dapat menggunakan biblioterapi sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan kepercayaan diri yang rendah. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencoba teknik lainnya untuk menunjang penelitian dengan biblioterapi dan penggunaan literatur dalam kegiatan penelitian berikutnya diharapkan dapat lebih beragam untuk menambah wawasan dan informasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wirda Hanim, M.Psi ; 2). Dra. Retty Filiani
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2019 12:35
Last Modified: 11 Nov 2019 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item