MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA

NABILLA SWAYANTIKA, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media permainan karuta dalam pembelajaran huruf hiragana. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang secara heterogen. Lalu model pembelajaran ini akan dipadukan dengan media permainan karuta sebagai pembelajaran huruf hiragana. Adapun penjelasan mengenai karuta ialah media permainan berbentuk kartu yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu ; torifuda dan yomifuda. Kartu torifuda bertuliskan huruf hiragana sedangkan kartu yomifuda bertuliskan huruf romaji. Penggunaan model dan media ini mencakup kelompok kecil yang dimana pembelajar akan bekerja sama dalam mencocokkan kartu torifuda yang dibacakan oleh pembaca kartu yomifuda. Pengumpulan referensi dalam penelitian ini adalah buku, artikel, jurnal dan website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media permainan karuta dalam pembelajaran huruf hiragana, serta kelebihan dan kekurangan pada media permainan karuta dan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran huruf hiragana yang hasilnya didapatkan atas penilaian dari ahli (expert judgment). Penggunaan media dan model pembelajaran ini bertujuan untuk dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan saat proses pembelajaran berlangsung agar mempermudah pembelajar dalam menguasai huruf hiragana. Kata kunci : Media permainan karuta, model pembelajaran STAD, hiragana

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si.,M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 9281 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:29
Last Modified: 01 Mar 2021 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item