EVALUASI PROGRAM PELATIHAN ANDRAGOGI TERHADAP PARA TUTOR DI PKBM PANDU PELAJAR MANDIRI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II.A CIPINANG JAKARTA

MUHAMMAD YUSUF, . (2016) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN ANDRAGOGI TERHADAP PARA TUTOR DI PKBM PANDU PELAJAR MANDIRI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II.A CIPINANG JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB I-V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Evaluasi Program sosialisasi tentang andragogi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tutor dalam menerapkan pendekatan-pendekatan andragogi dalam mengelola pembelajaran. Program ini dilatarbelakangi oleh tutor tersebut kurang beradaptasi dengan konsep diri para warga binaan,tutor tersebut kurang memahami pengalaman yang dimiliki oleh para warga binaan, tutor tersebut kurang memahami kesiapan belajar warga binaan, tutor tersebut kurang memahami orientasi belajar warga binaan, tutor tersebut kurang memahami motivasi belajar yang dimiliki para warga binaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : dalam hal context peserta sudah mengetahui tujuan program 60%, peserta mengikuti program sosialisasi tentang andragogi adalah untuk mengetahui ilmu dan keterampilan tentang pendekatan andragogi dalam mengelola pembelajaran orang dewasa 54%program sudah sesuai dengan kebutuhan peserta 80%. Input, 69% peserta yang mengetahui tentang pendekatan andragogi,kompetensi fasilitator: penyampaian materi 54%, penggunaan bahasa 54%, penyedian modul dan silabus 73%, sarana dan prasarana 73%, penggunaan media yang sesuai 63%. Process, kesesuaian materi dengan tujuan awal 60%, metode yang digunakan bervariasi 54%, sesi tanya jawab 67, antusiasme peserta 60% , ketersedian waktu 67%. Product, 53% peserta sudah mampu memanfaatkan pengalaman warga binaan dalam proses pembelajaran di dalam kelas, 46% peserta sudah mampu memahami kosep diri yang ada di dalam para warga binaan, 67% peserta sudah mampu membimbing kesiapan belajar para warga binaan yang pastinya berbeda beda, 67% sudah mampu mengarahkan sangat penting agar proses pemebalajaran dapat berjalan secara maksimal. Kesimpulan orientasi belajar para warga binaan dalam proses pembelajaran dikelas, 80% peserta sudah mampu memotivasi para warga binaan dan itu penelitian ini bertujuan menilai context masalah, input yang dapat dimanfaatkan, process yang dilaksanakan, dan product yang dihasilkan setelah mengikuti program sosialisasi tentang andragogi terhadap para tutor di PKBM Pandu Pelajar Mandiri Lapas Narkotika Cipinang Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hafid Abbas ; 2). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 15:36
Last Modified: 11 Nov 2019 15:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item