MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK PESERTA DIDIK AUTIS KELAS III (Penelitian Tindakan Kelas, di Sekolah Luar Biasa 7 Jakarta)

MUNADHOROH SEPTIANY, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK PESERTA DIDIK AUTIS KELAS III (Penelitian Tindakan Kelas, di Sekolah Luar Biasa 7 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ARTIKEL UPT & FIP.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Skripsi Munadhoroh Septiany (1335120033).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di SLB Negeri 7 Jakarta dengan menggunakan media kartu gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai pada bulan November tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini, yaitu peserta didik autis kelas lll SD yang berjumlah 5 orang.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan mengacu pada model PTK Kemmis S dan Taggart R. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes lisan, observasi, dan wawancara. Pelaksanan penelitian direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi, sebagai dasar pengembangan tindakan pada siklus selanjutnya. Hasil yang di dapat pada tes kemampuan awal menunjukkan bahwa peserta didik belum mencapai batas minimalyaitu 65%. Setelah memperoleh data awal dilakukan tindakan siklus l. Pada siklus l prosentase tingkat kemampuan berbicara pada peserta didik autis sudah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kemampuan sebelum diberikan tindakan, tetapi tingkat kemampuan yang diperoleh dari beberapa peserta didik belum mencapai 65%, Hal ini terlihat dari pemerolehan tes evaluasi siklus I, yang mana terlihat 3 peserta didik sudah mencapai batas ketuntasan minimal sedangkan 2 orang peserta didik belum mencapai batas ketuntasan minimal. Untuk memperbaiki hasil siklus I diadakan siklus II. Hasil yang diperoleh, 4 dari 5 peserta didik sudah mencapai batas minimum ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu gambar untuk peserta didik autis kelas lll di SLB Negeri 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd ; 2). Hartini Nara, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 15:47
Last Modified: 11 Nov 2019 15:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item