HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KREATIVITAS GERAK SISWA KELAS XI DI SMAN I CIKARANG BARAT

MIRA DWI CAHYA INDIANA, . (2021) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KREATIVITAS GERAK SISWA KELAS XI DI SMAN I CIKARANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mira Dwi Cahya Indiana, Hubungan Kepercayaan Diri terhadap Kreativitas Gerak Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi Jawa Barat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari. Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kepercayaan diri terhadap kreativitas gerak siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Agustus 2020 sampai Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Barat sebanyak 240 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dengan menggunakan stratified random sampling. Data variabel X dan Y diperoleh langsung menggunakan pengisian instrument penelitian dengan bentuk skala likert. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 16,01+0,815X selanjutnya uji normalitas galat taksiran regresi atas X menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,155 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,161 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = (107,749) > Ftabel = (4,196), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji linieritas regresi diperoleh Fhitung = (-1,000) < Ftabel = (2,484) ini berarti model persamaan regresi yang dipakai linier. Koefisien product moment menghasilkan rxy = 0,891. Kemudian dilanjutkan uji koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 10,380 sedangkan ttabel adalah 1,701 berarti thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap kreativitas gerak siswa. Selain itu diperoleh perhitungan uji koefisien deteminasi sebesar 79,4% yang berarti bahwa variabel kreativitas gerak ditentukan oleh kepercayaan diri. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan kepercayaan diri terhadap kreativitas gerak siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi Jawa Barat. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kreativitas, Kreativitas Gerak. ABSTRACT Mira Dwi Cahya Indiana, The Relationship between Confidence and Movement Creativity for Class XI Students at SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi, West Java. Thesis, Dance Education Study Program. Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. 2021 This study aims to determine whether there is a relationship of confidence in the creativity of movement of class XI students at SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi, West Java. This research was conducted for four months starting from August 2020 to December 2020. The research method used was a survey method with a correlational approach. The population of this research is 240 students of class XI SMA Negeri 1 Cikarang Barat. The sample used was 30 students using stratified random sampling. Data for the X and Y variables were obtained directly using the filling of the research instrument with the Likert scale form. Test the requirements of the analysis carried out is by looking for the regression equation obtained is Ŷ = 16.01 + 0.815X then the normality test of the regression estimation error for X uses the Liliefors test and obtained Lhitung = 0.155 compared to Ltabel at a significance level of 0.05 of 0.161 then Lhitung <Ltabel. This means that the Y estimation error on X is normally distributed. The regression significance test obtained Fcount = (107.749)> Ftable = (4.196), this proves that regression means. While the regression linearity test obtained Fcount = (-1,000) <Ftable = (2.484) this means that the regression equation model used is linear. The product moment coefficient yields rxy = 0.891. Then continued with the correlation coefficient test using t-test obtained tcount = 10.380 while t table is 1.701 means tcount> ttable. This means that there is a positive and significant relationship between self-confidence and student creativity. In addition, the calculation of the coefficient of detemination is 79.4%, which means that the variable of creativity in motion is determined by self-confidence. The conclusion of this study is that there is a significant effect of self-confidence on the creativity of movement of class XI students at SMA Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi, West Java. Keywords: Self-Confidence, Creativity, Creativity Movement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. 2). B. Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 9530 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:11
Last Modified: 02 Mar 2021 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item