IMPLEMENTASI NILAI – NILAI HAK ASASI MANUSIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH (STUDI FENOMENOLOGI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH DI JAKARTA)

AHMAD RUSLAN, . (2021) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI HAK ASASI MANUSIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH (STUDI FENOMENOLOGI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH DI JAKARTA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1-3.pdf

Download (577kB)
[img] Text
3. BAB 2-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA-3.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai – nilai hak asasi manusia di program studi pendidikan sejarah, khususnya di Program Studi Pendidikan Sejarah di FIS UNJ dan FIPPS UNINDRA PGRI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan instrument wawancara, observasi, dan studi dokumen atau dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi yang terdiri dari menentukan fenomena yang akan diteliti, pengumpulan data, analisis data, studi literatur, mempertahankan hasil penelitian, dan pertimbangan etik. Hasilnya ditemukan bahwa: (1) Dari dua kampus yang diteliti, menunjukkan bahwa keduanya belum sepenuhnya dapat dikategorikan sebagai kampus ramah HAM; (2) Terdapat pemahaman nilai-nilai HAM yang cukup melekat, baik secara implisist maupun eksplisit pada dosen dan mahasiswa prodi sejarah di dua perguruan tinggi; (3) Terdapat nilai-nilai HAM dalam pembelajaran sejarah, yakni kaitan antara pembelajaran sejarah dan HAM, penerapan nilai-nilai kesadaran HAM dalam pembelajaran sejarah dan cerminan prilaku kesadaran HAM dalam kehidupan sehari-hari. Kebaruan penelitian ini adalah berfokus pada implementasi nilai-nilai kesadaran HAM dalam pembelajaran sejarah di Program Studi Pendidikan Sejarah, yang selama ini dosen, mahasiswa dan civitas akademika lainnya sering abai dan berujung pada pelanggaran HAM di lingkungan perguruan tinggi. This study aims to analyze the implementation of human rights values in the history education study program, particularly in the History Education Study Program in FIS UNJ and UNINDRA PGRI in Jakarta. This study uses qualitative methods with data collection techniques using interview, observation, and document study or documentation study instruments. The research design used is a phenomenological study that consists of determining the phenomenon to be studied, data collection, data analysis, literature study, maintaining research results, and ethical considerations. The results show that: (1) The two campuses studied indicate that they are not yet fully categorized as human rights-friendly campuses; (2) There is an understanding of human rights values that is inherent, both implicitly and explicitly, to the lecturers and students of history study programs in two universities; (3) There are human rights values in history learning, namely the link between historical learning and human rights, the application of values to human rights awareness in history learning and the reflection of human rights awareness behavior in everyday life. The novelty of this research is to focus on the implementation of the values of human rights awareness in history learning in the History Education Study Program, which so far, lecturers, students, and other academics have often neglected and led to human rights violations in the university environment.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Syukur, M.Hum ; 2). Dr. Kurniawati, M.Si
Subjects: Hukum > Hak Asasi Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 9656 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:48
Last Modified: 18 Mar 2021 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item