IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (STUDI KASUS: PROGRAM PPDB ONLINE DI SMA NEGERI 32 JAKARTA SELATAN)

RUSYDAH AFIFI, . (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (STUDI KASUS: PROGRAM PPDB ONLINE DI SMA NEGERI 32 JAKARTA SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (521kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
8. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pada program PPDB Online pada SMA Negeri yang ada di wilayah DKI Jakarta di tahun pelajaran 2019/2020 sebagai implementasi kebijakan pendidikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dampak-dampak sosial ekonomi yang ada dalam penerapan program PPDB Online yang dilaksanakan di SMA Negeri 32 Jakarta serta mendeskripsikan kajian kebijakan pendidikan dalam PPDB Online sesuai dengan Peraturan Gubernur No.43 Tahun 2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 32 (Jalan Panjang Komplek Sekneg Baru Cidodol DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kode Pos 12220) selama tujuh bulan dalam kurun periode Desember 2019 hingga Juni 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SMA Negeri 32 Jakarta yang terdiri dari panitia pelaksana PPDB Online dan siswa tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 32 Jakarta. Konsep untuk menganalisis data yang digunakan yaitu Akuntabilitas Pendidikan dan Sosiologi Pendidikan. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kontribusi akuntabilitas pendidikan dalam implementasi kebijakan PPDB Online di SMA Negeri 32 Jakarta. Kontribusi tersebut secara garis besar ada dalam pengembangan, penerapan dan pengevaluasian kebijakan PPDB Online di SMA Negeri 32 Jakarta tahun pelajaran 2019/2020. Kontribusi tersebut yakni pengembangan standarisasi pelaksanaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (Disdik DKI Jakarta) seperti penentuan zona dan prioritas persyaratan penerimaan CPDB. Dalam penerapan PPDB Online di SMA Negeri 32 Jakarta terdapat juga dampak-dampak sosial ekonomi yakni terciptanya pemerataan persebaran peserta didik, kesetaraan sosial dan ekonomi di dalam lingkungan sekolah. Implementasi PPDB Online disini Penelitian ini juga dikaji dengan Struktural Fungsionalisme dalam Sosiologi Pendidikan berdasarkan prinsip Integritas, Stabilitas dan Konsensus. Adanya keselarasan (fungsional) dalam sistem sosial yang tercipta dari struktur program PPDB Online di SMA Negeri 32 Jakarta dengan tindakan agen-agen yang terkait. This research aims to describe how the implementation of the PPDB Online program at public high schools in the DKI Jakarta area in the 2019/2020 school year is the implementation of educational policies. This research also aims to describe the socio-economic impacts that exist in the implementation of the PPDB Online program which is carried out at SMA Negeri 32 Jakarta and to describe the study of educational policies in PPDB Online in accordance with Governor Regulation No.43 of 2019. This research was conducted at SMA Negeri 32 (Jalan Panjang Komplek Sekneg Baru Cidodol DKI Jakarta, South Jakarta, Zip Code 12220) for seven months in the period December 2019 to June 2020. This study used a qualitative approach with descriptive methods. The data collection techniques used were interviews, observation, documentation and literature study. The subjects used in this research were SMA Negeri 32 Jakarta which consisted of the PPDB Online executive committee and students for the 2019/2020 school year at SMA Negeri 32 Jakarta. The concept for analyzing the data used is Educational Accountability and Educational Sociology. This study shows that there is a contribution of educational accountability in the implementation of PPDB Online policies at SMA Negeri 32 Jakarta. Broadly speaking, this contribution is in the development, implementation and evaluation of PPDB Online policies at SMA Negeri 32 Jakarta for the 2019/2020 academic year. This contribution is the development of implementation standardization provided by the Central Government to Regional Governments (Disdik DKI Jakarta) such as the determination of zones and priority requirements for CPDB acceptance. In implementing PPDB Online at SMA Negeri 32 Jakarta, there are also socio-economic impacts, namely the creation of an even distribution of students, social and economic equality in the school environment. The implementation of PPDB Online here. This research is also studied with Structural Functionalism in the Sociology of Education based on the principles of Integrity, Stability and Consensus. There is harmony (functional) in the social system created by the PPDB Online program structure at SMA Negeri 32 Jakarta with the actions of the related agents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Evy Clara, M.Si ; 2). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 9632 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 11:04
Last Modified: 02 Mar 2021 11:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item