PENGGUNAAN GOOGLE MEET DAN KENDALANYA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG DI SMAN 1 CIBARUSAH

DELIYANA HASANAH, . (2021) PENGGUNAAN GOOGLE MEET DAN KENDALANYA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG DI SMAN 1 CIBARUSAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring bahasa Jepang; 2) Kendala yang terjadi pada guru dan siswa saat menggunakan Google Meet dalam pembelajaran daring bahasa Jepang. Penelitian ini berdasarkan latar belakang bahwa penggunaan Google Meet yang merupakan hal baru dalam kegiatan belajar mengajar, menimbulkan kendala pada guru dan siswa saat menggunakannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrument penelitian menggunakan observasi, angket dan wawancara bebas. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring bahasa Jepang dapat mengatasi keterbatasan jarak antara guru dengan siswa. Namun, di SMAN 1 Cibarusah penggunaan Google Meet kurang efektif karena terkendala sinyal yang sulit stabil. Saat pembelajaran berlangsung, video dan suara sering terjeda sehingga mengakibatkan siswa sulit berkonsentrasi dan kurang memahami penjelasan materi dari guru. 2) Kendala yang terjadi saat pembelajaran daring bahasa Jepang dengan menggunakan Google Meet adalah guru dan siswa terkendala sinyal, guru sulit memantau siswa saat belajar, guru sulit melakukan penilaian, guru tidak dapat menangani banyaknya siswa dengan waktu yang sedikit, siswa mengalami kelelahan dan matanya sakit, banyaknya siswa yang pasif, siswa sulit memahami materi pembelajaran dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. This study aims to determine: 1) The use of Google Meet in Japanese online learning; 2) Constraints that occur for teachers and students when using Google Meet in Japanese online learning. The use of Google Meet is a new thing in teaching and learrning activities which can do a constraint on the teacher and students. That was the based of this research as a reasearch of the use of Google Meet as an instructional media during the pandemic. This research is a qualitative descriptive research. The research instrument used observation, questionnaires and free interviews. The results of this study are: 1) the use of Google Meet in Japanese online learning can overcome the limitations of the distance between teachers and students. However, at SMAN 1 Cibarusah using Google Meet is less effective because it is constrained by a signal that is difficult to stabilize. When learning takes place, videos and sounds are often paused, resulting in students having difficulty concentrating and not understanding the material explanation from the teacher. 2) The obstacles that occur when learning Japanese online using Google Meet are that teachers and students are constrained by signals, teachers find it difficult to monitoring students while studying, teachers find it difficult to make assessments, teachers cannot handle the large number of students in a small amount of time, students experience fatigue and their eyes hurt, the number of students who are passive, students find it difficult to understand the learning material and the learning environment is less conducive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Nia Setiawati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 9335 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:51
Last Modified: 02 Mar 2021 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item