TINJAUAN LAGU KIDUNG SAWER PADA UPACARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA

RADEN GEIDYA PANGARA PRATAMA, . (2018) TINJAUAN LAGU KIDUNG SAWER PADA UPACARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB III fix.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V fix.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (951kB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini bermula pada ketertarikan penulis pada seni karawitan sunda yang sering dilantunkan pada saat prosesi pernikahan adat sunda. Prosesi yang dimaksud adalah prosesi sawer yang dilakukan setelah prosesi akad nikah selesai. Dalam prosesi sawer terdapat seorang juru sawer yang memimpin jalannya prosesi tersebut. Selain memimpin acara, juru sawer juga menembangkan lagu. Saat penulis mencoba mencari sumber di internet, hasilnya tidak banyak yang mengunduh artikel mengenai cara menembangkan lagu seperti juru sawer yang penulis lihat pada acara pernikahan. Maka dari itu, penulis ingin meneliti mengenai lagu kidung yang selalu di tembangkan pada prosesi sawer pernikahan adat sunda. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian teks. Tempat penelitian dilakukan di Radio Rakyat Indonesia PRO 4 jalan medan merdeka barat, Jakarta Pusat. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan November 2017. Objek penelitian ini adalah Lagu Kidung Sawer pada Upacara Pernikahan Adat Sunda. Data yang dikumpulkan diambil dari studi pustaka, observasi, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Hasil Penelitian ini adalah lagu kidung yang dibawakan oleh juru sawer tidak terikat pada gaya bernyanyi, guru lagu, guru wilangan, serta watek, tetapi tetap bertumpu pada pupuh yang digunakan untuk syair, dan tembang yang digunakan untuk lagu. Jadi, semuanya dibebaskan pada juru sawer itu sendiri. Ornamentasi yang digunakan oleh para penembang juga berbeda, tergantung dari pengalaman serta kemampuan penembang itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Didin Supriadi, S.Sen., M,Pd 2) Gandung Joko Srimoko, S.Sn.,M.Sn
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Nov 2019 16:01
Last Modified: 11 Nov 2019 16:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item