PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KREUZWORTRӒTSEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS XI SMAN 31 SUBTOPIK MEINE FAMILIE

ANDRE MULYA ALIM, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KREUZWORTRӒTSEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS XI SMAN 31 SUBTOPIK MEINE FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (859kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah terdapat pengaruh penggunaan media Kreuzworträtsel terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Control group pre-test-post-test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa uji-t untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tahap pre-test diperoleh nilai t hitung sebesar 1,77. Nilai t tabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 dengan db sebesar 39 ialah 2,002 sehingga nilai t hitung lebih kecil dibandingkan dengan nilai t tabel maka hipotesis nol tidak terdapat pengaruh penggunaan Kreuzworträtsel terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa SMA kelas XI diterima. Berdasarkan hasil uji-t untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tahap post-test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,493. Nilai t tabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 dengan db sebesar 39 ialah 2,002 sehingga nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel maka hipotesis alternatif terdapat pengaruh penggunaan Kreuzworträtsel terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa SMA kelas XI, diterima. Dari hasil pengolahan data penelitian dapat disimpulkan bahwa media permainan Kreuzworträtsel memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtopik Meine Familie. This study aims to determine whether there is an effect of using the Kreuzworträtsel media on the learning outcomes of class XI students' German vocabulary. This research was conducted at SMA NEGERI 31 Jakarta. The research method used in this study is a quantitative method with a pre-test-post-test control group research design. From the research results, it was found that the t-test for the experimental class and the control class in the pre-test stage obtained the t-count value of 1.77. The t table value with a significance level of 0.05 with a db of 39 is 2.002 so that the t value is smaller than the t table value, so the null hypothesis has no effect on the use of Kreuzworträtsel on the learning outcomes of German vocabulary learning for class XI high school students is accepted. Based on the results of the t-test for the experimental class and the control class at the post-test stage, the t value is 2.493. The t table value with a significance level of 0.05 with db of 39 is 2.002 so that the t value is greater than the t table value, so the alternative hypothesis is that there is an effect of using Kreuzworträtsel on the learning outcomes of German vocabulary learning for XI grade high school students, accepted. From the results of the research data processing, it can be concluded that the Kreuzworträtsel game media has an influence on the learning outcomes of German vocabulary students of class XI, Meine Familie subtopic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Ellychristina D.H, M.Pd 2. Dra. Miranda Yunus, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 9579 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:46
Last Modified: 04 Mar 2021 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item