STUDI KEPUSTAKAAN POLA ASUH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN

NABILA FITHRIYANI, . (2021) STUDI KEPUSTAKAAN POLA ASUH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dari berbagai sumber tertulis yang berkaitan dengan penelitian terkait pola asuh terhadap kepercayaan diri peserta didik dengan hambatan penglihatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri pada seseorang adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif yang bersumber dari buku cetak, buku elektronik, artikel, jurnal, dan penelitian terdahulu. Hasil kajian analisis yang didapat adalah sebagai berikut : (1) pola asuh yang otoriter berdampak pada sikap dan sifat anak yang penakut, pribadi yang tidak bersahabat, mudah tersinggung, dan pribadi yang pemurung; (2) pola asuh permisif berdampak pada sikap dan sifat anak yang suka memberontak, kurang memiliki rasa percaya diri dan pengendalian dalam diri, serta cenderung memiliki prestasi yang rendah; dan (3) pola asuh demokratis berdampak pada sikap dan sifat anak yang memiliki rasa kepercayaan diri, mandiri, dan mudah untuk berinteraksi sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh yang dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan hambatan penglihatan yaitu pola asuh demokratis. Jika kepercayaan diri pada anak dengan hambatan penglihatan dapat dibangun secara baik, maka akan berdampak pula pada perkembangan sosial anak, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah dan baik berinteraksi dengan orang awas maupun dengan individu yang memiliki hambatan penglihatan. This study aims to find out the information from various written sources that related to this study about parenting styles of students with visual impairments. One of the factors that affect self-confidence on students is the parenting style that is applied by parents. This study uses a literature study method with a qualitative approach which is source from printed books, electronic books, articles, journals, and previous research. The results of the analysis is obtained are as follows: (1) An authoritarian parenting has an impact on the attitude and character of the children become the person who is timid, unfriendly, easily offended, and gloomy; (2) A permissive parenting has an impact on the attitude and character of the children become the person who is rebellious, lack self-confidence and self-control, and tend to have low achievement; and (3) A democratic parenting has an impact on the attitude and character of the children become the person who is self-confident, independent, and easy being interaction. The conclusion of this study shows that the parenting styles can increase the self-confidence of students with visual impairments, that is namely democratic parenting. If self-confidence on children with visual impairments can be built properly, it will also have an impact on the social development of the children, both of the school environment and home environment. It also impact being intraction with normal people or individuals with visual impairments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9797 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:20
Last Modified: 05 Mar 2021 04:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item