PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK PENGENALAN BAHASA SUNDA PADA SISWA TK KUNCUP HARAPAN KELOMPOK B DI KOTA BOGOR

NADILA DINDA PRATIWI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK PENGENALAN BAHASA SUNDA PADA SISWA TK KUNCUP HARAPAN KELOMPOK B DI KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard untuk pengenalan bahasa Sunda pada siswa TK Kuncup Harapan kelompok B. Dalam mengembangkan flashcard ini, peneliti menggunakan model pengembangan produk yang dikemukakan oleh Baker & Schutz. Model ini terdiri dari tujuh tahapan yaitu formulation (perumusan), instructional specification (spesifikasi pembelajaran), item tryout (uji coba soal), product development (pengembangan produk), product tryout (uji coba produk), product revision (perbaikan produk), dan operations analysis (analisis operasi). Penelitian ini menggunakan metode evaluasi formatif dengan melibatkan ahli (expert review) dan pengguna (one-to-one evaluation). Evaluasi tersebut melibatkan 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli materi, 1 ahli media pembelajaran, 4 guru sebagai pengguna dan 3 siswa sebagai pengguna. Hasil ujicoba ahli menyatakan bahwa flashcard sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, memiliki kualitas yang baik dengan sedikit perbaikan di bagian pilihan kosakata agar lebih relevan dengan materi pembelajaran dan lingkungan siswa. Hasil ujicoba pengguna menyatakan bahwa flashcard dapat menarik perhatian siswa, dapat meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa Sunda dan dapat meningkatkan daya ingat siswa mengenai kosakata bahasa Sunda. This development research objectives is to produce flashcard instructional media for introducing Sundanese to Kindergarten B students of TK Kuncup Harapan. In developing this flashcard, researchers used a product development model proposed by Baker & Schutz. This model consists of seven stages, namely formulation, instructional specification, item tryout, product development, product tryout, product revision, and operations analysis. This study used a formative evaluation method involving experts (expert reviews) and users (one-to-one evaluation). The evaluation involved 1 instructional design expert, 1 material expert, 1 instructional media expert, 4 teacher as users and 3 student as users. The results of the expert reviews concluded that the flashcard were in accordance with the learning objectives, had good quality with a slight improvement in the choice of vocabulary to make it more relevant to the learning material and the student's environment. The results of user trials concluded that flashcard can attract students' attention, can increase students' motivation in learning Sundanese and can improve students' memory about Sundanese vocabulary.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9737 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:29
Last Modified: 05 Mar 2021 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item