ELVARA ARDHIA REGITA APRIANTO, . (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN PERTANYAAN UNTUK MEMBELAJARKAN KEPEDULIAN SOSIAL (SOCIAL AWARENESS) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Karya Inovatif di Kelurahan Larangan, kota Tangerang Tahun akademik 2020/2021 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan untuk Membelajarkan kepedulian sosial anak usia 5-6 tahun. Dengan menggunakan permainan Papan Pertanyaan, diharapkan kepedulian sosial anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation). Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang anak usia 5-6 tahun, ahli materi, dan ahli media. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan permainan “Papan Pertanyaan”. Pengumpulan data menggunakan kuisioner skala 1-4 dan wawancara yang dilakukan kepada anak. Hasil penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi, diperoleh presentase ahli materi yaitu sebesar 77,7% dengan kesimpulan sangat layak dan hasil penliaian yang diberikan oleh ahli media, diperoleh presentase ahli media yaitu sebesar 87,5% dengan kesimpulan sangat layak. Berdasarkan hasil uji efektivitas yang dilakukan, permainan Papan Pertanyaan ini Membelajarkan kepedulian sosial anak usia 5-6 tahun dengan mengetahui apa yang dapat anak lakukan apabila berada dalam situasi tertentu. The purpose of this development is to produce an interesting learning media that can be used to teach children's social awareness, especially children at the age 5-6 years. By using this ”Questions Board" game, It Is hoped that children's social awareness can be developed properly. This research using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implemetation, and Evaluation). Respondents in this study were 4 children aged 5-6 years, material experts, and media experts. This research is a research of development game called "Questions Board". Collecting data using a 1-4 scale questionnaire and interviews conducted with children as the participant. The results of this research is by using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Based on the results of the assessment given by the material expert, the percentage of material experts was 77.7% with a very feasible conclusion and the results of the research given by the media expert showed that the percentage of media experts was 87.5% with a very feasible conclusion. Based on the results of the effectiveness test, this Questions Board game teaches social awareness for children aged 5-6 years by knowing what children can do in certain situations.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hikmah, MM, M.Pd ; 2). Dr. Sofia Hartati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 9844 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 06:33 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 06:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13932 |
Actions (login required)
View Item |