Pengembangan Kotak Kejutan "KOJUT" Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berpakaian Anak Usia 4-5 Tahun

RATIH PURBASARI, . (2021) Pengembangan Kotak Kejutan "KOJUT" Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berpakaian Anak Usia 4-5 Tahun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpakaian sendiri merupakan salah satu dari keterampilan untuk membantu diri sendiri. Keterampilan berpakaian adalah kemampuan menolong dan merawat diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan kehidupan dasar secara mandiri tanpa dibantu oleh orang lain. Pada tahap berpakaian sendiri anak usia 4-5tahun sudah mampu dalam memakai dan membuka pakaian, mengancingkan dan melepaskan kancing pakaian dan meresleting secara perlahan. Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam menstimulus anak usia dini. Media pembelajaran berperan aktif meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan berpakaian sendiri pada anak usia 4-5tahun. Metode penelitian ini adalah karya inovatif dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di TK Hidayatut Thalibin, Cilandak, Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi yang berperan sebagai validator dan 5 anak TK Hidayatut Thalibin yang berusia 4-5tahun. Objek penelitian ini adaah media pembelajaran yang disebut Kotak Kejutan (KOJUT). Berdasarkan dari uji validitas dengan ahli media, media pembelajaran Kotak Kejutan (KOJUT) dikategorikan sangat layak dengan tingkat kelayakan 95%. Berasarkan uji validitas dengan ahli materi, media pembelajaran Kotak Kejutan (KOJUT) dikategorikan sangat layak dengan tingkat kelayakan 87,5%. Berdasarkan hasil uji coba pada anak, media pembelajaran Kotak Kejutan (KOJUT) dikategorikan sangat layak dengan tingkat kelayakan 88%. Dengan demikian media pembelajaran Kotak Kejutan (KOJUT) sangat layak dan sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan berpakaian sendiri pada anak usia 4-5tahun. Dressing skills it self is one of the skills to help yourself. Dressing skills are the ability to help and care for oneself to fulfill basic life needs independently without the help of others. At the stage of dressing alone, children 4-5 years are able to wear and undress, button and unbutton clothes and zip slowly. Learning media have an important role in stimulating early childhood. Learning media play an active role in improving children's development. This study aims to train their own dress skills in children 4-5 years old. This method of this study was research and development with ADDIE model. This research was conducted at TK Hidayatut Thalibin, Cilandak, South Jakarta. The subjects of this study were media experts and materl experts who acted as validators and 5 children Hidayatut Thalibin aged 4-5 years. The object of this research is a learning media called the Kotak Kejutan (KOJUT). Based on the validity test with media experts, the learning media Kotak Kejutan (KOJUT) is categorized as very feasible with a 95% feasibility level. Based on the validity test with matter experts, the learning media Kotak Kejutan (KOJUT) is categorized as very feasible with a feasibility level of 87.5%. Based on the results of trials on children, the learning media Kotak Kejutan (KOJUT) was categorized as very feasible with an eligibility level of 88%. The Kotak Kejutan (KOJUT) learning media is very feasible and very valid to be used as a medium for learning self- dressing skills for children 4-5 years old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yenina Akmal, M.Hum. 2) Dr. Nurjannah. S.Pd, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9882 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:54
Last Modified: 16 Mar 2021 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item