PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PUTAR WARNA (PAPURNA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

SAGITA PRAMAYANI SUCI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PUTAR WARNA (PAPURNA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Papan Putar Warna (PAPURNA) dalam pembelajaran mengenal warna untuk peserta didik hambatan intelektual. Warna yang dibatasi dalam penelitian ini adalah warna primer (merah, kuning dan biru). Peneliti mengembangkan media ini karena dibutuhkannya media pembelajaran bagi peserta didik kelas II di SDIT Kharisma Az-Zahra khususnya untuk peserta didik dengan hambatan intelektual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penilaian di lakukan melalui validasi oleh tiga ahli, yaitu ahli media dengan skor 80% berkategori sangat baik, ahli materi dengan skor 90% berkategori sangat baik, dan ahli hambatan intelektual dengan skor 92,5 % berkategori sangat baik. Dari hasil penilai dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa media ini dinyatakan layak dan dapat digunakan pada peserta didik hambatan intelektual. This innovative work research and development aims to produce a Papan Putar Warna media product (PAPURNA) in learning to recognize colors for children with intellectual disabilities. The basic colors in this study are primary colors (red, yellow and blue). Researchers developed this media because of the need for learning media for class II students at SDIT Kharisma Az-Zahra, especially for students with intellectual barriers. The method used in this research is a research and development method by adapting the ADDIE model. The assessment was carried out through validation by three experts, namely the media expert with a score of 80% in the very good category, the material expert with a score of 90% in the very good category, and the intellectual barrier expert with a score of 92.5% in the very good category. From the results of the assessors and trials, it can be stated that this media is feasible and can be used for intellectual disability students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani M.Pd ; 2). Budi Santoso M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9743 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 08:46
Last Modified: 05 Mar 2021 08:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item