PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK UNTUK MATA KULIAH “DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN” DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ

MU'IZ ULVIYANA, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK UNTUK MATA KULIAH “DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN” DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan suatu produk sumber belajar berupa modul elektronik. Modul elektronik ini digunakan sebagai variasi sumber belajar untuk mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan di hylearn, khususnya mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan modul elektronik ini dilaksanakan dengan menerapkan model pengembangan produk Hannafin dan Peck 1988. Model ini terdiri dari tiga tahapan dan disetiap tahapnya terdapat evaluasi yaitu (1) Penilaian Kebutuhan, (2) Desain, (3) Pengembangan dan Implementasi. Teknik evaluasi yang digunakan dalam pengembangan ini adalah evaluasi formatif, yang mana penilaiannya dilakukan dengan uji coba ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, dan uji coba pengguna. Hasil dari uji coba ahli materi memperoleh skor rata-rata 3.43, dengan kategori sangat baik. Uji coba ahli desain pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3.89, dengan kategori sangat baik. Uji coba ahli media memperoleh skor rata-rata 2.5, dengan kategori cukup baik. Uji coba penggguna memperoleh skor rata-rata 3.48, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan Modul Elektronik ini dinyatakan memiliki kualitas yang sangat baik. This development research aims to create a learning resource product in the form of an electronic module. This electronic module is used as a variety of learning resources for the Diffusion of Educational Innovation course in Hylearn, especially undergraduate students of Educational Technology, Jakarta State University. The development of this electronic module was carried out by applying the Hannafin and Peck 1988 product development model. This model consists of three stages and each stage there is an evaluation, namely (1) Needs Assessment, (2) Design, (3) Development and Implementation. The evaluation technique used in this development is formative evaluation, where the assessment is carried out by testing material experts, learning design experts, media experts, and user trials. The results of the material expert trial obtained an average score of 3.43, with the very good category. Experimental learning design trials obtained an average score of 3.89, with the very good category. The media expert trial obtained an average score of 2.5, with a fairly good category. The user trial obtained an average score of 3.48, with the very good category. Based on these results, it can be said that overall this Electronic Module is declared to have very good quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Retno Widyaningrum, S. Sos, MM. ; 2). Drs. RA. Hirmana W, M.Sc. Ed.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9759 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 09:57
Last Modified: 05 Mar 2021 09:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14036

Actions (login required)

View Item View Item