PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "SISSI: MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM KOORDINASI"

BUNGA SALSABILA ANDINI PUTRI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "SISSI: MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM KOORDINASI". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan belajar dalam pembelajaran Biologi merupakan permasalahan yang perlu diatasi karena dapat menimbulkan miskonsepsi dan penurunan hasil belajar. Materi sistem koordinasi termasuk materi Biologi yang tersulit berdasarkan literatur dan hasil observasi. Salah satu hal untuk mengatasi kesulitan belajar Biologi adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Multimedia interaktif memungkinkan penyajian pembelajaran melalui berbagai unsur media terintegrasi. Pengembangan sebuah multimedia interaktif dilakukan untuk memperoleh media pembelajaran yang sesuai sehingga diharapkan dapat memudahkan siswa mempelajari materi sistem koordinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas suatu produk media bernama “SISSI: Multimedia Interaktif Sistem Koordinasi”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Borg dan Gall (2003) dengan modifikasi. Uji efektivitas produk diukur dengan pengujian statistik uji t independen menggunakan desain penelitian post-test only control group. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa produk memperoleh interpretasi penilaian pada kategori (1) “layak” oleh ahli materi; (2) “sangat layak” oleh ahli media, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa taraf signifikasi yang diperoleh lebih kecil dari nilai α yaitu 0,003 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata post-test antara kelas yang belajar menggunakan SISSI dengan kelas yang belajar tanpa menggunakan SISSI. Kata Kunci: multimedia interaktif, media pembelajaran, kesulitan belajar. ************** Learning difficulties in Biology is a problem that need to be overcome because can causes misconceptions and decrease in learning outcomes. The topic of coordination system is among the most difficult Biology topics according to literatures and observations results. One of the solutions to overcome the difficulties in learning Biology is the use of an appropriate learning media. Interactive multimedia allows the presentation of object learning through various and integrated media elements. The development of an interactive multimedia is carried out to obtain appropriate learning media so that it is expected to make students easier to learn coordination system topic. The purpose of this research is to develop, test the feasibility, and test the effectiveness of a media product called "SISSI: Multimedia Interaktif Sistem Koordinasi". The research method used is research and development refers to Borg and Gall model (2003) with modifications. The effectiveness test was measured by statistical independent t test using post-test only control group research design. The results of feasibility test show that the product obtains an assesment interpretation in the category (1) "feasible" by the material expert; (2) "very feasible" by media experts, small groups, and large groups. The results of the effectiveness test show that the significance level obtained is smaller than the α value, which is 0.003 <0.05, means that there is a significant difference in the average post-test between the class that learns using SISSI and class that learns without using SISSI. Keywords: interactive multimedia, learning media, learning difficulties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed ; 2). Dra. Yulilina Retno D., M.Biomed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 9736 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:21
Last Modified: 04 Mar 2021 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item