MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

NOVA YULIANTI SERPARA, . (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (15MB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V melalui model cooperative learning tipe group investigation di SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Guntur 01 Pagi Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 30 orang. Pembelajaran IPA berlangsung pada semester II, tahun ajaran 2014-2015 dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes minat belajar IPA dan instrumen pemantauan tindakan cooperative learning tipe group investigation. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan minat belajar IPA siswa kelas V mencapai rata-rata 67 % pada siklus I dan mencapai 90% pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran melalui model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan minat belajar IPA tentang cahaya dan sifat-sifatnya. Implikasi dari hasil penelitian ini tumbuhnya keaktifan siswa, produktivitas dan kerjasama serta ketercapaian kompetensi mata pelajaran IPA tentang cahaya dan sifat-sifatnya melalui model cooperative learning tipe group investigation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajaguguk, M.Pd., ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 14:03
Last Modified: 12 Nov 2019 14:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item