PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA DEWASA AWAL

ELIANA MUTIARA MANALU, . (2021) PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA DEWASA AWAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa dewasa awal konsumen selalu mengusahakan berbagai cara untuk menunjukan identitas diri dan konformitas dengan kelompok sosialnya salah satunya dengan memiliki iPhone dengan merek terkenal dan mahal. Hal ini membuat konsumen dewasa awal memiliki kebutuhan akan iPhone, sehingga konsumen melakukan keputusan pembelian iPhone. Keputusan pembelian merupakan proses pengambilan tindakan dari konsumen untuk membeli atau tidak terhadap produk. Terdapat fenomena konsumen dewasa awal melakukan tindakan mengantre hanya demi menjadi orang pertama yang memiliki iPhone terbaru setiap tahunnya. Tindakan konsumen tersebut dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi adalah tenaga pendorong dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak. Sehingga hipotesis penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara motivasi terhadap keputusan pembelian iPhone pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis penelitian. Subjek penelitian ini terdiri dari 521 responden yang menggunakan teknik pengambilan sampel secara insidental, dengan populasi dewasa awal pengguna iPhone yang berdomisili di DKI Jakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier yang dibantu dengan menggunakan aplikasi Product and Service Solution (SPSS) versi 25 for windows. Hasil penelitian ini diperoleh dari uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi dengan keputusan pembelian iPhone pada dewasa awal. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier yang memperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari α = 0,05 (p < 0,05) yaitu nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Pengaruh yang diberikan motivasi terhadap keputusan pembelian sebesar 50%. Nilai koefisien motivasi yang bersifat positif (0,805) terhadap keputusan pembelian menunjukan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki dewasa awal maka akan semakin tinggi keputusan pembelian iPhone. In early adulthood, consumers always try numerous ways to reveal their identity and conformity with their social groups. One of them is by owning an iPhone, a well-known and expensive brand. This circumstance makes early adult consumers have a need for iPhone. Therefore, consumers make iPhone purchase decisions. Purchase decisions are the consumers' process to take action whether they decide to buy particular products or not. There is a phenomenon of early adult consumers who patiently queue up to be the first person to get the newest iPhone every single year. That consumer's action is influenced by motivation. Motivation is the force in the individuals that pressure them to act in such ways. As a result, this research's hypothesis would examine the influence of motivation on iPhone purchase decisions in early adulthood. This research applied a quantitative approach in order to test the research hypothesis. This study's subjects were 521 respondents who are obtained through incidental sampling techniques, with an early adult population of iPhone users who lived in DKI Jakarta. The data analysis method used was linear regression analysis, assisted by Product and Service Solution (SPSS) application version 25 for windows. The results of this study that were gained from hypothesis testing using linear regression analysis showed a significant positive influence between motivation and iPhone purchase decisions in early adulthood. This result could be viewed from the linear regression test results, which obtained a significance value smaller than α = 0.05 (p <0.05), which was a significance value of 0.000 less than 0.05. The influence given by motivation on purchasing decisions was 50%. The positive motivation coefficient (0.805) on the purchasing decisions pointed out that if the early adult consumers' motivation is higher, the iPhone purchase decision will also be higher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Kencana Wulan, M.PSi .; 2). Lupi Yudhaningrum, M.PSi
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 9677 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:52
Last Modified: 09 Mar 2021 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item View Item