PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN FLEXIBILITAS PESERTA DIDIK KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR DROPSHOT BULU TANGKIS DI SMK YPWKS CILEGON

NOVA DWI KURNIAWAN, . (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN FLEXIBILITAS PESERTA DIDIK KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR DROPSHOT BULU TANGKIS DI SMK YPWKS CILEGON. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian adalah berdasarkan analisis statistik yang dilakukan pada tes awal dan tes akhir hasil belajar dropshot dalam permainan bulutangkis. Berturut-turut berikut disajikan mengenai deskripsi data, uji persyaratan analisis, pengujian hipotesis dan pembahasan hasil penelitian. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan Flexibilitas peserta didik terhadap hasil belajar dropshot bulu tangkis. tujuan peneltian ini sebagai berikut :Untuk mengetahui perbedaan secara keseluruhan hasil belajar dropshot bulutangkis antara media pembelajaran dengan keranjang dan media pembelajaran dengan rintangan tali. Untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran dan flexibilitas terhadap hasil belajar dropshot. Untuk mengetahui perbedaan pada hasil belajar dropshot bulutangkis antara media pembelajaran dengan keranjang dan dengan rintangan tali pada peserta didik yang memiliki flexibilitas tinggi. Untuk mengetahui perbedaan pada hasil belajar dropshot bulutangkis antara media pembelajaran dengan keranjang dengan rintangan tali pada peserta didik yang memiliki flexibilitas rendah. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode eksperimen dengan mengunakan desain faktorial by level 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK YPWKS Cilegon sebanyak dua kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 75 peserta didik dengan jumlah sampel 40 orang.. Berdasarkan hasil analisis data, hasil pengujian hipotesis: Media pembelajaran keranjang memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada media pembelajaran rintangan tali terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan flexibilitas terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis. Media pembelajaran keranjang dengan flexibilitas tinggi memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran rintangan tali dengan flexibilitas tinggi terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis. Media pembelajaran keranjang dengan flexibilitas rendah tidak memiliki perbedaan dengan media pembelajaran rintangan tali flexibilitas rendah terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis.************The research is based on statistical analysis conducted on the initial test and the final test of dropshot skills in badminton. The following sequences are presented regarding data descriptions, test requirements analysis, hypothesis testing and discussion of research results. The general purpose of this study was to determine the effect of learning media and the flexibility of students on learning outcomes of badminton dropshot. The objectives of this study are as follows: To find out the overall differences in learning outcomes of badminton dropshot skills between learning media and baskets and learning media with rope obstacles. This is to determine the interaction between learning media and the flexibility of learning outcomes for dropshot skills. To find out the differences in learning outcomes of badminton dropshot skills between learning media with baskets and with rope obstacles in students who have high flexibility. To find out the differences in learning outcomes of badminton dropshot skills between learning media and baskets with rope obstacles for students who have low flexibility. In this study, the authors used an experimental method using a factorial design by level 2 x 2. The population in this study were all class XI SMK YPWKS Cilegon as many as two classes with a total of 75 students with a sample size of 40 people. Based on the results of data analysis, Hypothesis testing results: Basket learning media has a better effect than rope obstacle learning media on badminton dropshot skills. There is an interaction between learning media and the flexibility of badminton dropshot skills. Basket learning media with high flexibility has a better effect than rope obstacle learning media with high flexibility on learning outcomes of badminton dropshot skills. The basket of learning media with low flexibility has no difference with the learning media of low-flexibility rope obstacle courses on badminton dropshot learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Samsudin, M.Pd. ; 2). Dr. dr. Junaidi, Sp.KO
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:58
Last Modified: 04 Mar 2021 07:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item