Pembelajaran Musik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Kelas XI

RIDWAN SETIA PUTRA, . (2021) Pembelajaran Musik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Kelas XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)
[img] Text
GLOSARIUM.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ridwan Setia Putra, 2021. Pembelajaran Musik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Kelas XI. Skripsi. Program Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membuat rancangan pembelajaran musik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Metodologi Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di rumah yang beralamat di Jalan Pelabuhan II Km 12 Desa Kertaraharja Rt 02 Rw 02 Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian, peneliti membuat RPP untuk 7 (tujuh) kali pertemuan, setiap pertemuan berdurasi 90 menit (2 jam pelajaran x 45 menit). Dalam RPP yang peneliti susun memuat 3 (tiga) langkah kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahapan-tahapan atau syntac yang terdapat pada model pembelajaran Project based Learning yaitu terdiri dari persiapan, pelasanaan dan evaluasi proyek. Keunggulan dari Model Pembelajaran Project Based Learning diantaranya yaitu melatih kemampuan konseptual peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang diberikan, mengeksplorasi bakat dan minat peserta didik baik itu keterampilan dalam berkesenian maupun kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, peserta didik didorong agar dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan pengalaman kepada peseta didik dalam mengorganisir pembuatan proyek. Dengan adanya rancangan rencana pelaksanaan pembelajaraan musik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning untuk kelas XI ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh para guru agar menambah pengetahuan mengenai implementasi model pembelajaran dalam mata pelajaran senibudaya khususnya materi seni musik. Kata Kunci : Pembelajaran, Musik, Model Pembelajaran, Project Based Learning ABSTRACT Ridwan Setia Putra, 2021. Learning Music Using Project Based Learning Model for Class XI. Essay. Program Music Education, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. The purpose of this research is to make a learning design music using a projectbased learning model. The research methodology used in this research is the method qualitative with a descriptive approach. This research was conducted in a house having its address at Jalan Pelabuhan II Km 12, Kertaraharja Village Rt 02 Rw 02 Kecamatan Cikembar Sukabumi Regency. The data technique used in This research is literature study. Data analysis techniques used in research through the stages of data reduction, data presentation and levers. The results of the study, the researcher made RPP for 7 (seven) meetings, each meeting is 90 minutes long (2 hours of lessons x 45 minutes). In the RPP stacking researchers contain 3 (three) learning steps including: preliminary activities, core activities and closing activities. Stages or The syntac contained in the Project based Learning model consists of from project preparation, implementation and evaluation. The advantages of the Project Based Learning Model include namely students students to solve the problems given, exploration, talents and interests of students both it's a skill in the arts or the ability to communicate surrounding environment, support students in order to be more active in activities Learning and providing experience to students inside organize project creation. With the draft plan for the implementation of music learning by using the Project Based Learning model for class XI This can be used as a reference by teachers to increase knowledge regarding the implementation of learning models in arts and culture subjects especially music art material. Keywords: Learning, Music, Learning Model, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 8948 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:36
Last Modified: 04 Mar 2021 08:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item View Item