PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BUKU LAWAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KATA ANTONIM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Karya Inovasi Media Pembelajaran Untuk Peserta Didik Tunarungu Kelas IV)

FINA AFIFATUN NADIAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BUKU LAWAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KATA ANTONIM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Karya Inovasi Media Pembelajaran Untuk Peserta Didik Tunarungu Kelas IV). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran bernama PABULAKA (Papan Buku Lawan Kata), untuk meningkatkan kemampuan antonim/lawan kata pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Negeri 2 Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu; yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Produk penelitian ini divalidasi ahli media, ahli materi serta ahli ketunarunguan dengan hasil skor validasi tahap pertama yaitu 76%, kemudian mengalami peningkatan setelah revisi menjadi 84% maka media PABULAKA dapat dikategorikan “baik” untuk digunakan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan kata antonim pada peserta didik tunarungu kelas IV. Media ini diujicobakan kepada 3 peserta didik tunarungu dan mendapatkan fakta bahwa media pembelajaran PABULAKA dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk mempelajari kata antonim mempermudah peserta didik meningkatkan kemampuan kata antonim. Maka dari itu, pendidik perlu menciptakan serta mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk mempermudah peserta didik memahami materi. This study aims to produce a learning media called PABULAKA (Book Board Antonym), to improve the antonym / opposite word skills of deaf grade IV students at SLB Negeri 2 Pemalang. This study uses the R&D (Research and Development) development method with the ADDIE development model, which consists of 5 stages, there are; namely Analysis (Analysis), Design (Design), Development (Development), Implementation (Implementation), and Evaluation (Evaluation). The product of this research was validated by media experts, material experts and deaf experts with the first stage validation score of 76%, then it increased after revision to 84%, so PABULAKA media can be categorized as "good" to be used as a learning medium to improve the ability of the participant to use antonym words. Class IV deaf students. This media was tried out on 3 deaf students and got the fact that the PABULAKA learning media can increase the motivation of students to learn the antonym to make it easier for students to improve the ability of the word antonym. Therefore, educators need to create and develop interesting and effective learning media to make it easier for students to understand the material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar,M.Pd. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9872 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:10
Last Modified: 09 Mar 2021 09:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item