PENGEMBANGAN MEDIA FISHING COLOR UNTUK MENGENALKAN WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 4-5 Tahun di Rusun Apron, Kemayoran)

VIKI AGUSTIN, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FISHING COLOR UNTUK MENGENALKAN WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 4-5 Tahun di Rusun Apron, Kemayoran). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang dapat digunakan untuk mengenalkan warna pada anak usia 4-5 tahun. Diharapkan dengan menggunakan media pembelajaran tersebut dapat menstimulasi perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal warna. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di wilayah Rumah Susun Apron, Kemayoran. Responden dalam penelitian ini adalah 4 orang anak usia 4-5 tahun, ahli media, dan ahli materi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media fishing color untuk mengenalkan warna pada anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan uji validitas dengan ahli media, media fishing color dikategorikan layak dengan tingkat validitas 75%. Berdasarkan uji coba dengan ahli materi, media fishing color dikategorikan sangat layak dengan tingkat validitas 83%. Berdasarkan hasil uji coba kepada anak, media fishing color dikategorikan sangat layak dengan tingkat validitas 88,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dikatakan media fishing color dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan warna pada anak usia 4-5 tahun. This research aims to produce media that can be used to introduce color to children aged 4-5 years. It is hoped that using these learning media can stimulate cognitive development, especially in identifying colors. This research is a using the ADDIE development models (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research was conducted in the Rusun Apron, Kemayoran. Respondents in this research are 4 people of children aged 4-5 years, media experts, and material experts. This research is a research on the development of media fishing color to introduce color in children aged 4-5 years. Based on validity tests with media experts, medium fishing color is categorized as feasible with a validity rate of 75%. Based on validaty with materials experts, medium fishing color is categorized as highly feasible with a validity rate of 83%. Based on the results of trials to children, media fishing color is categorized as highly feasible with a validity rate of 88.4%. Based on the results of the research, it is said that media fishing color can be used as a learning media to introduce color in children aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9856 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2021 02:06
Last Modified: 11 Mar 2021 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item