PENGARUH MOTIVASI BERMEDIA SOSIAL TERHADAP KESEPIAN PADA PENGGUNA INSTAGRAM PASIF DI JAKARTA

SALSA RIZKA BAKO, . (2021) PENGARUH MOTIVASI BERMEDIA SOSIAL TERHADAP KESEPIAN PADA PENGGUNA INSTAGRAM PASIF DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi bermedia sosial terhadap kesepian pada pengguna Instagram pasif di Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 115 orang responden pengguna media sosial Instagram yang pasif yang dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Dalam prosedur pengambilan data, penelitian ini menggunakan data primer berbentuk skala psikologi. Untuk mengukur kesepian digunakan UCLA Loneliness Scale yang terdiri dari 20 butir aitem sementara untuk mengukur motivasi bermedia sosial digunakan Social Media Usage Motivation yang terdiri dari 18 butir aitem. Hasil uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan terhadap kedua instrumen menunjukkan tidak adanya butir yang gugur sehingga kedua instrumen dapat dikatakan valid dan reliabel. Aplikasi tambahan seperti IBM SPSS Statistics versi 22 dipakai untuk melakukan analisis data yang mana analisis data yang dipakai adalah analisis regresi. Hasil olah data menunjukkan bahwa nilai signifikansi (ρ) sebesar 0,638 nilai ini lebih besar daripada nilai α (0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara motivasi bermedia sosial terhadap kesepian pada pengguna media sosial pasif. Besaran dampak nilai Cohen’s d sebesar 0,15 berarti hasil penelitian ini memiliki besaran dampak yang kecil. The study aims to see the effects of social media motivation on loneliness on passive Instagram users in Jakarta. The approach used was a quantitative approach with an ex-post facto method. The subject in this study consists of 115 passive social media users gathered using purposive sampling. In data retrieval procedures, the study uses primary data on a psychological scale. UCLA Loneliness Scale was used for measuring loneliness consists of 20 number of item meanwhile Social Media Usage Motivation had 18 number of item. Validity and reliability tests conducted on both instruments show that the instruments are valid and reliable. Additional application such as IBM SPSS Statistics version 22 is used to analize the hypothesis using regression analysis test. The result indicates that the significance value was 0,638 which is greater than the a value 0,05. This suggest that there is no influence between social media motivations on the loneliness on passive Instagram users. Cohen d’s value impact of 0,15 means that the result of this study has a small impact.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd ; 2). Erik, M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 9963 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:56
Last Modified: 10 Mar 2021 08:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item