PENGARUH PERMAINAN TEXTPUZZLE TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SUB TEMA MEINE FAMILIE DI SMA NEGERI 32 JAKARTA

Rumondang Lubis, . (2018) PENGARUH PERMAINAN TEXTPUZZLE TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SUB TEMA MEINE FAMILIE DI SMA NEGERI 32 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LA3D4D~1.PDF

Download (86kB)
[img] Text
LA5D48~1.PDF

Download (184kB)
[img] Text
LA7EB3~1.PDF

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris yang valid tentang pengaruh permainan Textpuzzle terhadap hasil keterampilan membaca bahasa Jerman siswa subtema Meine Familie. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 32 Jakarta pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diketahui, bahwa t-hitung pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,08 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 68 adalah 1,668. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil pretest lebih kecil dari t-tabel, hal ini dapat diartikan tidak ada perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan t-hitung posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,026. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Penelitian ini menunjukkan, bahwa ada pengaruh penggunaan Textpuzzle terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman subtema Meine Familie siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melatih keterampilan membaca bahasa Jerman siswa, karena penggunaan Textpuzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Santiah, M.Pd 2) Dra. Rina Agustin, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Nov 2019 15:23
Last Modified: 12 Nov 2019 15:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item