METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTRUMEN BASS ELEKTRIK DI OJMH

Sostenes Fortunatus, . (2021) METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTRUMEN BASS ELEKTRIK DI OJMH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (863kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sostenes Fortunatus, 2021. Metode dan Strategi Pembelajaran Instrumen Bass Elektrik di OJMH. Skripsi. Jurusan Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai strategi pembelajaran instrumen bass elektrik yang ada di OJMH. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana metode dan strategi pembelajaran instrumen bass elektrik di sekolah OJMH. Peserta penelitian adalah seorang pemain bass bertaraf internasional ( Yance Manusama ) yang merupakan salah seorang guru di sekolah OJMH. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan kata lain data penelitian didapatkan dari pengamatan yang mendalam terhadap strategi yang digunakan oleh guru, wawancara dengan guru dan siswa, serta bahan bacaan terkait dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan dengan membuat dan memberi catatan kritis terhadap catatan lapangan, transkrip interview, dan mengelompokkan dengan memberi warna pada bahan bacaan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bass adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill atau latihan dan metode pemberian tugas. Strategi pembelajaran yang dilakukan ada strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran interaktif, dan strategi pembelajaran empirik (experiental). Kemudian macam-macam bentuk fingering bass, notasi balok, dan beberapa macam tanda dinamika lagu, materi lagu dan tangga nada. Pemberian tugas dan evaluasi serta perekaman selalu diberikan di tiap akhir pertemuan sebagai latihan untuk murid dan sebagai gambaran untuk guru dalam melihat perkembangan murid di tiap pertemuannya. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Bass Elektrik ABSTRACT Sostenes Fortunatus, 2021. Methods and Strategies for Learning Electric Bass Instrument in OJMH. Music Education Study Program. Faculty of Language and Arts, Jakarta State University The purpose of this study was to obtain in-depth information about learning strategies for electric bass instruments in OJMH. The problem in this research is how the methods and strategies of learning electric bass instruments in OJMH. The research participant is an international bass player (Yance Manusama) who is a teacher at the OJMH school. This research uses a qualitative descriptive method. Researchers collect the data through observation, interviews, and literature study. In other words, the research data obtained from in-depth observation of the strategies used by the teacher, interviews with teachers and students, and reading material related to the research topic. Data analysis was carried out by making and providing critical notes on field notes, interview transcription, and classifying the reading material by color. The results showed that the methods used by the teacher in learning bass were the lecture method, the demonstration method, the drill or exercise method, and the assignment method. The learning strategy is where there are direct learning strategies, interactive learning strategies, and empirical (experiential) learning strategies. Then various forms of bass fingering, block notation, and several kinds of signs of song dynamics, song material, and also scales. Assignment and evaluation are always given at the end of each meeting as an exercise for students and as an illustration for the teacher in seeing student progress at each meeting. Keywords: Learning Methods, Learning Strategies, Electric Bass

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rien Safrina, M.A., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 9985 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:37
Last Modified: 05 Mar 2021 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item