PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) TANGERANG 4

PRATAMI NAZARIA, . (2021) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) TANGERANG 4. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah buku panduan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diharapkan dapat membantu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN Tangerang 4. Buku Panduan ini diharapkan menjadi salah satu referensi guru dalam menyusun RPP. Adapun sasaran penggunanya adalah para guru di SDN Tangerang 4. Penulisan pengembangan ini dilakukan berdasarkan Model Rowntree yang terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, persiapan penulisan, serta penulisan & penyuntingan. Evaluasi pada pengembangan ini menggunakan metode evaluasi formatif dengan melibatkan 3 ahli materi dan 1 ahli media. Hasil ujicoba ahli materi ke 1 menyatakan bahwa Perbaiki Masukan atau saran sesuai dengan catatan yang ada dalam buku panduan. Ahli materi ke 2 mengatakan bahwa Pada contoh penilaian diskusi itu salah, seharusnya yang benarnya adalah diskusi itu termasuk penilaian sikap. Sedangkan ahli materi ke 3 mengatakan bahwa pada Terlalu banyak gambar ilustrasi yang dapat mengganggu isi buku panduan itu sendiri dan Masukan materi penilaian keterampilan. ahli media pembelajaran menyatakan bahwa buku panduan ini sudah memiliki standar kelayakan yang baik untuk digunakan. This research aims to produce a guide book for creating Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) that hopefully can help teachers create Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) at SDN Tangerang 4. This guide book will hopefully become one of the references for teachers in creating RPP. The target users are teachers in SDN Tangerang 4. The writing of this development is done based on the Rowntree Model that consists of 3 steps, which are planninh, writing preparation, and writing & editing. Evaluation in this development used formative evaluation method invoving 3 subject experts and 1 media expert. Result of testing by 1st subject expert declares to fix feedback based on notes in the guide book. 2Nd subject expert said that in example for discussion evaluation is wrong, the right one is discussion is included in attitude assessment. Meanwhile 3rd subject expert said that there are too many illustrations that disrupt the content of the guide book itself and input subjet attitude assessment. Learning media expert said that thia guide book has eligibility standard that is good to be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. RA Murti Kusuma Wirasti, M.Si. ; 2. Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9747 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:53
Last Modified: 08 Aug 2022 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item