FAKHRI ARSYAN, . (2021) PENGARUH KOMPENSASI BONUS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi bonus, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba dengan unit analisis perusahaan yang berada pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder, pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel perusahaan sebanyak 38. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang menggunakan aplikasi SPSS 22. Manajemen laba sebagai variabel dependen dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan discretionary accrual Modified Jones Model (1995). Kompensasi bonus pada penelitian ini diukur dengan menggunakan variabel dummy, 1 (perusahaan memberikan bonus) dan 0 (perusahaan tidak memberikan bonus), leverage diukur dengan menggunakan resio utang terhadap total aset atau debt to asset ratio (DAR), dan ukuran perusahaan diukur dengan logaritma narutal (ln) total aset. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi bonus berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. ************* This study aims to analyze the effect of bonus compensation, leverage, and company size on earnings management with unit analysis of consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2017-2019. This study used secondary data and sample selection using purposive sampling techniques. The overall sample are 38 companies. Analysis method that used in this study are statistical desctiptive analysis and multiple regression analysis tested by SPSS 22. Earnings management as a dependent variable in this study was measured using the discretionary accrual Modified Jones Model (1995). Bonus compensation in this study was measured using dummy variables, 1 (companies give bonuses) and 0 (companies do not give bonuses), leverage was measured using debt to asset ratio (DAR), and company size was measured by narutal logarithm (ln) total assets. The results of this study showed that bonus compensation has a positive and significant effect on profit management, leverage has no effect on earnings management, and the size of the company has a negative and significant effect on earnings management. Keywords: Bonus Compensation, Leverage, Firms Size, Earnings Management
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tri Hesti Utaminingtyas, S.E., M.SA. ; 2). Indah Muliasari, S.E., Ak., M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Users 9588 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 00:19 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 00:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14298 |
Actions (login required)
View Item |