PENGARUH STRATEGI VISUALISASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

HADI NUGROHO, . (2021) PENGARUH STRATEGI VISUALISASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi visualisasi terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian prates-pascates grup kontrol. Uji-t dan uji fisher digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil uji-t pada skor pascates antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukan bahwa skor thitung 6,99 > ttabel 2,06 dengan dk 24. Taraf signifikan alpha = 0,05. Karena thitung > ttabel berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan strategi visualisasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Dari hasil penilaian menunjukkan bahwa aspek struktur identifikasi umum dan ulasan mengalami kenaikan yang paling dominan. Dari hasil di atas, strategi visualisasi dapat dijadikan strategi yang baik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, selain itu dapat juga diimplikasikan untuk materi pembelajaran teks eksplanasi dengan KD 3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca, KD 4.10 Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memerhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. vABSTRACTThis study aims to see the effect of visualization strategies on the ability to write explanatory text for VIII grade students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. The method used in this study was an experimental method with a control group pre-post test design. T-test and Fisher's test were used as data analysis techniques in this study. The results of the t-test on the post-test score between the experimental and the control class indicated that the t-test score was 6.99> 2.06 t-table with dk 24. Significant level = 0.05. Because tcount> ttable means H1 is accepted. The results of this study indicate that the application of visualization strategies has an effect on the ability to write explanatory text for VIII grade students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. The results of the general assessment show that the organizational structure and reviews have the most dominant increase. From the results above, the visualization strategy can use a good strategy in learning to write explanatory text, besides that it can alsobe implied for explanatory text learning material with KD 3.10 Examining explanatory text in the form of exposure to natural phenomena that are heard or read, KD 4.10 Presenting information and data in the form of an explanatory text of the process of an oral and written phenomenon by paying attention to the structure, oral elements, or aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 9021 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:46
Last Modified: 08 Mar 2021 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item