ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI MELALUI PENDEKATAN DILEMMA STORIES DENGAN METODE THINK PAIR SQUARE (TPSq)

NADIYA SHULHA, . (2021) ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI MELALUI PENDEKATAN DILEMMA STORIES DENGAN METODE THINK PAIR SQUARE (TPSq). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan argumentasi siswa kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta pada mata pelajaran kimia materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Think Pair Square (TPSq), dengan pendekatan dilemma stories. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, refleksi jurnal dan tes keterampilan argumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari 4 indikator komponen argumentasi, yang masing-masing memiliki bobot 25% dalam penentuan tingkat pencapaian keterampilan argumentasi dan dibagi kedalam 3 level yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pada indikator claim; diperoleh 63% dalam level sedang, kemudian pada indikator data; diperoleh 66% dalam level rendah, selanjutnya pada indikator warrants; diperoleh 74% dalam level sedang, dan pada indikator rebuttal; diperoleh 60% dalam level sedang. Berdasarkan 4 indikator tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan pendekatan dilemma stories dengan metode Think Pair Square (TPSq) pada siswa kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta cukup baik dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada mata pelajaran kimia materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Kata Kunci: Argumentasi, Dilemma Stories, Think Pair Square (TPSq), Hidrokarbon dan Minyak Bumi This research aims to analyze skill of student grade XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta in arguing on subject chemistry chapters hydrocarbon and petroleum. The research used Think Pair Square (TPSq) method with dilemma stories approach. Data for this research came from debriefing, observation, journal reflection and argumentation skills test. The result consist 4 indicator of argumentation skills, with 25% score to determined level achievement of argumentation skills and divided in to 3 level which is low, middle, and high. For claim indicator; obtained 63% in middle level, then data indicator; obtained 66% in low level, in warrants indicator; obtained 74% in middle level and in rebuttal indicator; obtained 60% in middle level. Based on 4 indicator above, could be concluded that Think Pair Square (TPSq) method with dilemma stories approach acceptable to improve argumentation skills for student grade XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta in arguing on subject chemistry chapters hydrocarbon and petroleum. Keywords: Argumentation, Dilemma Stories, Think Pair Square (TPSq), Hydrocarbon and petroleum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Ridwan, M.Si ; 2). Yuli Rahmawati M.Sc., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 9906 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 10:11
Last Modified: 08 Mar 2021 10:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item