PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BERPERILAKU PENGGUNAAN SIBERING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MIFTAH ULDINI, . (2021) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BERPERILAKU PENGGUNAAN SIBERING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat berperilaku pengguna Sibering. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017. Sampel pada penelitian ini berjumlah 224 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan range skala likert. Variabel Minat Berperilaku (Y), Persepsi Kemanfaatan (X1), dan Persepsi Kemudahan (X2) merupakan data primer. Data dianalisis dengan Teknik regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution)25.0. Tehnik analisis yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis (uji normalitas dan linearitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastistas), persamaan regresi berganda, uji F dan uji T. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov pada ketiga variabel bernilai 0,200. Dengan hasil uji linearitas pada persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan bernilai 0,000. Uji multikolinearitas variabel persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan memiliki nilai tolerancre 0,990 dan nilai VIF sebesar 1,000. Uji heteroskedastistas pada variabel persepsi kemanfaatan sig sebesar 0,663 dan variabel persepsi kemudahan sig sebesar 0,712. Uji f bernilai 12.427,675 dan uji t bernilai 4,492. Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = -4,482 + 0,207 X1 + 0,379 X2 dari persamaan tersebut pengaruh dari persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat berperilaku memiliki pengaruh dengan arah positif dan signifikan. Hasil koefisiensi determinasi (R) adalah 0,891 yang mengartikan bahwa tingkat pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat berperikalu termasuk pada klasifikasi sangat kuat. This study aims to determine the effect of perceived usefulness and perceived ease of user on behavior intention. This study used a survey method with a quantitative approach with a population of students of the Faculty of Economics, Jakarta State University, Class 2017. The sample in this study amounted to 224 respondents. Data were collected using a questionnaire method with a Likert scale range. Behavior Intention (Y), Perceived usefulness (X1), and Perceived Ease of Use (X2) are primary data. The data were analyzed using multiple regression techniques using SPSS (Statistical Product and Service Solution) 25.0 program. The analysis technique used consists of the analysis requirements test (normality and linearity test), classic assumption test (multicollinearity test and heteroscedasticity test), multiple regression equations, F test and T test. Normality test with Kolmogorov Smirnov on all three variables is 0.200. With the results of the linearity test on perceived usefulness and perceived ease of use, it is worth 0.000. Multicollinearity test variable perceived usefulness and perceived ease of use has a tolerant value of 0.990 and a VIF value of 1,000. The heteroscedasticity test on the perceived usefulness variable sig is 0.663 and the perceived ease variable sig is 0.712. The f test is worth 12.427.675 and the t test is 4.492. The result of the multiple regression equation is Y = -4,482 + 0.207 X1 + 0.379 X2. From this equation the effect of perceived usefulness and perceived ease of interest in behavior has a positive and significant effect. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.891, which means that the level of influence of perceived usefulness and perceived ease of use on behavioral intention is classified as very strong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd, M.M 2). Ir. Dadang Sudiyarto, MA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 9874 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:53
Last Modified: 08 Mar 2021 07:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item