KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DISRUPSI (STUDI KEPEMIMPINAN KIAI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ASY'ARIYYAH WONOSOBO)

SYAEFUDDIN AHROM AL-AYUBBI, . (2021) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DISRUPSI (STUDI KEPEMIMPINAN KIAI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ASY'ARIYYAH WONOSOBO). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era perkembangan teknologi informasi, kepemimpinan kiai memegang peranan yang sentral dalam membawa pesantren menghadapi perkembangan zaman. Perjalanan pesantren di Indonesia memiliki banyak pengalaman dalam bertahan dari arus modernisasi tanpa harus kehilangan jati diri aslinya. Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah Wonosobo menjadi salah satu pesantren yang mampu beradaptasi dengan era teknologi informasi. Tesis ini bertujuan untuk menggali informasi tentang kepemimpinan kiai, ide-ide kiai dalam pembaharuan pendidikan pesantren di era teknologi informasi serta pengelolaan terhadap sekolah formal di bawah naungan yayasan. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan melakukan wawancara dengan beberapa informan antara lain: pengasuh pesantren, ustadz, santri, alumni, orang tua murid, tokoh masyarakat, Kemenag Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kiai sangat terbuka dan demokratis. Kiai selalu menerima saran dan masukan dari berbagai pihak untuk mengembangkan pesantren. Selanjutnya ide-ide kiai dalam pembaharuan pendidikan yaitu dengan mendirikan sekolah formal yang berada di bawah yayasan salah satunya SMK yang memiliki jurusan salah satunya adalah rekayasa perangkat lunak. Seluruh sekolah formal berada di bawah kontrol dan koordinasi dari kiai. In the era of information technology development, leadership of kiai plays a central role in bringing pesantren to face the times. The journey of pesantren in Indonesia has had a lot of experience in surviving the current of modernization without losing its original identity. Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah Wonosobo is one of the pesantren that is able to adapt to the era of information technology. This thesis aims to explore information about kiai leadership, kiai ideas in reforming pesantren education in the era of information technology and management of formal schools under the auspices of foundations. This study used a qualitative study by conducting interviews with several informants including: pesantren caregivers, religious teachers, students, alumni, parents of students, community leaders, Kemenag Wonosobo. The results showed that the kiai's leadership was very open and democratic. The kiai always receives suggestions and input from various parties to develop the pesantren. Furthermore, the kiai's ideas in educational reform are to establish formal schools under the foundation, one of which is a vocational school which has a major, one of which is software engineering. All formal schools are under the control and coordination of the kiai.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi, M.Pd ; 2). Totok Amin Soefijanto, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 9442 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 09:50
Last Modified: 10 Mar 2021 09:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item