HUBUNGAN ANTARA DIFERENSIASI PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PECEL LELE LELA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNJ DI JAKARTA

WINDY PERMATA SARI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA DIFERENSIASI PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PECEL LELE LELA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNJ DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WINDY PERMATA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara diferensiasi produk dengan keputusan pembelian pecel lele lela pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi UNJ di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di UNJ, Fakultas Ekonomi, Prodi Pendidikan Tata Niaga, yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, selama tiga bulan terhitung sejak April 2014 sampai dengan Juni 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2010 dan 2011 yang pernah lebih dari dua kali membeli produk Pecel Lele Lela yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana yang diambil secara proporsional sebanyak 44 orang. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ= 26,67+0,63X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,1028, sedangkan Ltabel untuk n = 44 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1335. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = -3,54 < Ftabel = 2,34, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 29,75 > Ftabel = 4,17, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,689. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 6,163 > ttabel = 1,067, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 47,49% yang menunjukkan bahwa 47,49% variasi keputusan pembelian ditentukan oleh diferensiasi produk. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara diferensiasi produk dengan keputusan pembelian Pecel Lele Lela pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi UNJ di Jakarta. *********** The purpose of this research is to obtain valid and reliability datas or facts about the possibility correlation between product differentiation with purchasing decision Pecel Lele Lela On Commerce education Student Faculty of Economics UNJ in Jakarta. The research used survey method with the correlational approach. The research was conducted at UNJ, Faculty of Economics, Commerce Education Study Program on East Jakarta for three months from April 2014 until June 2014. The population in this study was student Commerce Education State University of Jakarta. Student population is inaccessibility Commerce Education class of 2010 and 2011 were never more than two times the purchase of products Pecel Lela Lela totaling 50 people. According to statistical computation, the regression equation is Ŷ = 25,67 + 0,63X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) to produce Lcount liliefors test = 0,1028, while the Ltable for n = 44 at 0,05 significant level is 0,1335. Because the Lcount < Ltable then an error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount < Ftable is Fcount = -3,54 < Ftable = 2,34, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is Fcount = 29,75 > Ftable = 4,17, meaning that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient of Pearson generating rxy = 0,689. Thereafter performed the test significance correlation coefficient using the t-test and the resulting tcount > ttable, which is tcount = 6,163 > ttable = 0 ,167. It can be concluded that correlation coefficient is significant. The coefficient of determination obtained for 47,49% which shows that 47,49% of the variation of purchasing decisions intention is determined by the product differentiation. The result of this research has proved the existence of a positive and significant correlation between product differentiation with purchasing decisions pecel lele lela on commerce education student faculty of economics UNJ in Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tjutju Fatimah, M.Si. ; 2). Dr. Corry Yohana, M.M.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Mar 2021 13:04
Last Modified: 08 Mar 2021 13:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item