PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

OSWALDAYAH MERTHA ROMADONA, . (2021) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IVa sekolah dasar dan meningkatkan proses kreativitas siswa melalui problem based learning pada siswa kelas IVa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif, dengan jenis Penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilakukan di Kelas IVa SDN. Purbasari, Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat, pada Semester II, Tahun Ajaran 20018/2019. Dari hasil Penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan berikut: (1). Hasil belajar/pemahaman konsep tentang Pemanfaatn kekayaan alam di Indonesia pada siswa kelas IV semester II, SDN. sebelum menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) pada Mata Pelajaran (Mapel) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih rendah. (2). Penerapan Model PBL pada poin 1) ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. (3). Hasil belajar siswa pada poin 1) tersebut setelah menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS para siswanya, misalnya pada siklus I, rerata hasil belajar siswa adalah 68, kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 78. Melalui metode Problem Based Learning siswa menentukan masalah yang paling penting kemudian ditindak lanjuti dengan mencari informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang telah ditentukannya. Metode problem based Ieaming memfasilitasi siswa untuk aktif berbagi informasi dalam diskusi baik dalam kelompok maupun klasikal yang diakhiri dengan menyajikannya. pengembangan kreativitas peserta didik adalah upaya untuk menumbuhkan karakter-karakter orang kreatif pada peserta didik dengan memberikan pengalaman belajar, pengetahuan, dan motivasi. Kata kunci: peningkatan, Kreativitas siswa, IPS, PBL. ************ Abstract The purpose of this study was to find out that the Problem Based Learning approach can increase the creativity of grade IVa elementary school students and increase the process of student creativity through problem based learning in grade IVa elementary school students. The approach used in this study is a qualitative approach, with the type of research is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in Class IVa SDN. Purbasari, Bogor City, West Java Province, in Semester II, Academic Year 20018/2019. From the results of this classroom action research, the following conclusions were obtained: (1). Learning outcomes / conceptual understanding of the use of natural resources in Indonesia for grade IV semester II students, SDN. before applying the Problem Based Learning (PBL) Learning Model in Social Science Subjects (Mapel) (IPS) is still low. (2). The application of the PBL Model in point 1) is carried out in 2 (two) cycles. (3). Student learning outcomes in point 1) after applying the Problem Based Learning (PBL) Learning Model were proven to increase the students' creativity in social studies learning, for example in cycle I, the average student learning outcomes were 68, then in Cycle II it increased to 78. Through the Problem Based Learning method, students determine the most important problems and then follow it up by finding the information needed to solve the problems they have determined. The problem-based learning method facilitates students to actively share information in discussions both in groups and classically which ends with presenting it. The development of the creativity of students is an effort to cultivate the characters of creative people in students by providing learning experiences, knowledge, and motivation Key words: improvement, student creativity, social Sciences, PBL.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 9554 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:02
Last Modified: 09 Mar 2021 05:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14511

Actions (login required)

View Item View Item