PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 JAKARTA

DIAS YUDITIA PRIBADI, . (2021) PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Mata Pelajaran Sosiologi Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Jakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pengembang Instruksional (MPI). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN1 Jakarta dengan Subjek Penelitian yaitu siswa kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, intrument test berupa soal pretest dan postest, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari uji pakar yang terdiri dari ahli materi, media dan desain instruksional dapat dinyatakan bahwa Rancangan pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi dengan Pendekatan Model Pembelajaran berbasis masalah layak untuk digunakan. Hasil Uji efektifitas dengan membandingkan skor nilai sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran sosiologi dengan pendekatan PBL, terdapat terdapat perbedaan yang signifikan antara Skor pretest dan postest menunjukan rancangan pembelajaran sosiologi dengan pendekatan Pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik This study aims to develop Sociology Subjects with Problem Based Learning Approaches in Class XI Students at SMAN 1 Jakarta. This research is a type of research and development. The model used in this study is the Model Pengembangan Instruksional (MPI). This research was conducted at SMAN1 Jakarta with the research subject, namely students of class XI IPS. Data collection was carried out using interviews, instrument tests in the form of pretest and postest questions, and documentation. The results show that from the expert test consisting of material, media and instrument design experts it can be stated that the sociology subject learning design with a problem-based learning model approach is feasible to use. The results of the effectiveness test by comparing the scores before and after participating in sociology learning with the PBL approach, there is a significant difference between the pretest and postest scores showing that the sociology learning design with the problem-based learning approach is effective in improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Dr. Di Kusumawardani, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9529 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 10:12
Last Modified: 10 Mar 2021 10:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item View Item