NIDA RUFAIDAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK GAMBAR SERI (E-GAMBAR SERI) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (594kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media berupa E-Book yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. Diharapkan dengan adanya media ini kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di lingkungan Kampung Kandang Sapi, Cakung Jakarta Timur. Responden dalam penelitian ini adalah 6 orang anak usia 4-5 tahun, ahli materi, ahli media dan 5 orang guru PAUD. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Gambar Seri mengenal bentuk geometri. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para ahli, diperoleh presentasi penilaian ahli materi yaitu sebesar 89.28% dengan kesimpulan sangat baik dan presentasi penilaian ahli media sebesar 89.82% dengan kesimpulan sangat baik. Penilaian dari guru memperoleh presentasi sebesar 93.33% dengan kesimpulan sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas yang dilakukan, dengan media pembelajaran E-Gambar Seri ini dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. This study aims to produce a media in the form of an E-Book that can be used to develop the ability to recognize geometric shapes of children aged 4-5 years. It is hoped that with this media the children's ability to recognize geometric shapes can develop well. This research is a development research using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. This research was conducted in the Kampung Kandang Sapi, Cakung, East Jakarta. Respondents in this study were 6 children aged 4-5 years, material experts, media experts and 5 PAUD teachers. The object of this research is a learning media called E-Picture Series to recognize geometric shapes. Based on the assessment given by the experts, it was obtained that the presentation of the material expert's assessment was 89.28% with a very good conclusion and the percentage of the evaluation of the media expert was 89.82% with a very good conclusion. And the assessment from the teacher got a presentation of 93.33% with a very good conclusion. Based on the effectiveness test, the E-Picture Series learning media can develop the ability to recognize geometric shapes in children aged 4-5 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd. ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 9915 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 03:47 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 03:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14533 |
Actions (login required)
View Item |