PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH FILSAFAT ILMU PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNJ

REZA MALINDO, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH FILSAFAT ILMU PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (232kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif pada mata kuliah Filsafat Ilmu dengan menggunakan software Articulate Storyline 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data analisis kebutuhan, uji validasi produk oleh para ahli dan penilaian produk oleh pengguna. Hasil dari pengembangan media pembelajaran adalah berupa produk multimedia interaktif yang terdapat 7 (tujuh) bab/materi didalamnya. Hasil validasi oleh 2 (dua) orang ahli media pembelajaran mendapatkan presentase kelayakan produk sebesar 87,3% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi oleh 2 (dua) orang ahli materi mendapatkan presentase kelayakan produk sebesasr 91% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 10 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan mengalami peningkatan nilai dengan rata rata nilai 62% untuk pre test dan 72% untuk post-test, untuk hasil penilaian produk oleh pengguna mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,17 dan masuk kedalam kategori baik dan mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa dengan tanggapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menarik dan tidak membosankan serta dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi Filsfat Ilmu. Development of Interactive Multimedia Learning Media in Philosophy of Science Courses in Building Engineering Education Study Program UNJ. Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. 2020. This research aims to produce learning media in the form of interactive multimedia in Philosophy of Science courses using software Articulate Storyline 3. This research uses Research and Development (R&D) research method which refers to addie research and development model. Research it uses questionnaires as an instrument of data collection needs analysis, product validation tests by experts and product assessment by users. The result of the development of learning media is in the form of interactive multimedia products that contain 7 (seven) chapters / materials in it. Validation results by 2 (two) learning media experts get the percentage of product feasibility 87.3% with a very decent category, while the validation results by 2 (two) material experts obtained a percentage of product feasibility of 91% with very decent category. The results of limited trials conducted on 10 students of Building Engineering Education increased in value with an average score of 62% for pre-test and 72% for post-test, for product assessment results by users get an average score of 4.17 and fall into the category of good and get a positive response from students with interactive multimedia-based learning media responses are interesting and not boring and students in studying Philosophy of Science materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R.Eka Murtinugraha, M.Pd ; 2). Dr. Riyan Arthurm M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 10032 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:41
Last Modified: 15 Mar 2021 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item