PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKTIF (PERGATIF) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

ISMAYATI NUR ISLAMI, . (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKTIF (PERGATIF) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan karya inovatif ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor dan non lokomotor pada anak usia 5-6 tahun, serta membantu orang tua dan guru untuk dapat berinovasi dalam mengembangkan kegiatan bermain sambil belajar, khususnya untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor dan non lokomotor anak. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek partisipan pada penelitian pengembangan ini adalah ahli materi dan ahli media selaku expert judgement dan kelompok kecil yang mengikut sertakan anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 4 orang anak. Berdasarkan uji coba dengan ahli media permainan Ular Tangga Aktif (PERGATIF) masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase yang diperoleh sebesar 91,6%, sedangkan penilaian yang didapat dari hasil uji coba kelompok kecil pada hari Rabu tanggal 11 November 2020 memperoleh nilai sebesar 72,9% dan pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 memperoleh nilai sebesar 93,75% dengan menunjukkan terjadinya peningkatan nilai akhir sebesar 20,85%. Hasil pengembangan permainan ini diperoleh kesimpulan bahwa nilai yang didapat setelah melakukan uji coba pada permainan Ular Tangga Aktif (PERGATIF) sangat layak dijadikan salah satu permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor dan non lokomotor pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Aktif (PERGATIF), Gerak Lokomotor, Gerak Non Lokomotor, Anak Usia 5-6 Tahun. ************* Development of this innovative work aims to improve locomotor and non-locomotor movement skills in children aged 5-6 years, as well as helping parents and teachers to be able to innovate in developing play activities while learning, especially to improve children's locomotor and non-locomotor movement skills. This research method uses the ADDIE development model. Subjects of participants in this development research were material experts and media experts as judgment experts and a small group that included 4 children aged 5-6 years. Based on trials with media experts Active Snack And Ladder Game (PERGATIF) included in the very feasible category with a percentage obtained of 91.6%, while the assessment obtained from the results of the small group trial on Wednesday 11 November 2020 obtained a value of 72.9% and on Thursday 12 November 2020 obtained a value of 93.75% with the conclusion that there was an increase in the final score of 20.85%. The results of this game development concluded that the value obtained after testing the Active Snack And Ladder Game (PERGATIF) very feasible as one of the games that can be used to improve locomotor and non locomotor movement skills in children aged 5-6 years. Keywords: Active Snack And Ladder Game (PERGATIF), Locomotor Motion, Non Locomotor Motion, Children Aged 5-6 Years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9913 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:05
Last Modified: 16 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item