PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di SD Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur)

ORIZA TAMARA PUTRI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di SD Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK ORIZA.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ORIZATAMARA PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri di wilayah Rawamangun, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Rawamangun Jakarta Timur sebanyak 28 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posstest-Only-Control Design yang memiliki dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan keterampilan proses berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini mennjukan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat dijasikan sebagai salah satu pendekatan dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dalam pelajaran matematika untuk dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Nov 2019 14:55
Last Modified: 13 Nov 2019 14:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item