MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DHINGKLIK OGLAK AGLIK PADA SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR

GALUH PUSPITANINGRUM, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DHINGKLIK OGLAK AGLIK PADA SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI(1)-dikonversi.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran gerak dasar melompat melalui permainan tradisional dingklik oglak aglik pada siswa tingkat sekolah dasar khususnya kelas kecil/ kelas bawah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas bawah Sekolah Dasar. Adapun kelas bawah yang dimaksud adalah siswa kelas 1, 2, dan 3 tingkat Sekolah Dasar . Penelitian ini dilakukan dengan metode research and development, yaitu dengan mengembangkan model pembelajaran guna siswa dapat lebih tertarik dan mudah, serta memberikan lebih banyak model dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil dari proses belajar mengajar. Penelitian ini pada awalnya membuat desain produk sebanyak 15 model pembelajaran kemudian hasil akhir dengan uji justifikasi ahli menjadi 14 model latihan. Berdasarkan uji validasi yang digunakan adalah uji justifikasi para ahli dengan dua ahli dibidang pembelajaran dan dibidang permainan. Model latihan ini juga bertujuan untuk menjadi referensi kepada para pengajar khususnya para pengajar tingkat sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran gerak dasar melompat. Hasil penelitian ini untuk kedepannya diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk para pengajar dan mahasiswa yang akan mengembangkan model ini dan bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar melompat. Kata Kunci : Gerak Dasar, Melompat, Permainan Tradisional, Model Pembelajaran. This study aims to create a model of basic motion learning jumping through traditional dingklik oglak aglik games in elementary school students, especially the small class / lower class. The population in this study was lower grade elementary school students. The lower grades in question are students in grades 1, 2, and 3 of elementary school level. This research was conducted by research and development method, namely by developing a learning model so that students can be more interested and easy, as well as providing more models in learning to improve the results of the teaching and learning process. This research initially made product design as many as 15 learning models then the final results with expert justification test into 14 exercise models. Based on the validation test used is the justification test of experts with two experts in the field of learning and the field of games. This training model also aims to be a reference to teachers, especially elementary school teachers in implementing basic motion jumping learning. The results of this research for the future are expected to be a reference material for teachers and students who will develop this model and for students in improving basic jumping skills. Keywords: Basic Motion, Jumping, Traditional Games, Learning Models.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Slamet Sukriadi, M.Pd 2) Dr. Taufik Rihatno
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 10263 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:11
Last Modified: 15 Mar 2021 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item