EVALUASI PROGRAM PUSAT SUMBER PENDIDIKAN INKLUSIF DI DKI JAKARTA

INDRA JAYA, . (2020) EVALUASI PROGRAM PUSAT SUMBER PENDIDIKAN INKLUSIF DI DKI JAKARTA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif yang diselenggarakan di sekolah regular sangat memerlukan sistem dukungan agar dapat berjalan dengan baik dan guru mampu memberikan layanan pendidikan yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus, salah satu sistem dukungan yang dapat dilakukan adalah dengan program pusat sumber pendidikan inklusif pada sekolah luar biasa. Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan Surat keputusan Nomor 273/2012 Tentang Penunjukkan Pusat Sumber Pendidikan Inklusif Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektifitas dan keberhasilan program pusat sumber pada sekolah luar biasa yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagai Pusat Sumber Penelitian ini menggunakan penelitian evaluatif dengan metode campuran atau mix-methode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun model dalam evaluasi menggunakan kombinasi antara model Context, Input, Process, Product dan Outcome (CIPPO) dengan Model Hammond. Hasil menunjukkan bahwa: (1) komponen context, seluruh aspek dan indikator telah memenuhi kriteria; (2) komponen input belum semua aspek memenuhi kriteri, seperti kesiapan dana dan belum masuknya pengelola program organisasi dalam struktur; (3) komponen process belum semua aspek memenuhi kriteria; seperti layanan pendampingan dan konsultatif terhadap guru sekolah inklusif dan sosialisasi pelaksanaan program pusat sumber; (4) komponen product telah memenuhi kriteria; dan (5) komponen outcome belum memenuhi kriteria, yaitu keterampilan pelaksanaan pembelajaran bagi ABK di sekolah inklusif oleh guru sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. The inclusive education organized in regular schools highly requires a supporting system in order to run well and allow the teachers to provide proper education for children of special needs. One of the systems possibly to conduct is by implementing a program of the Inclusive Education Resource Center at special needs schools. The Provincial Government of DKI Jakarta by the Office of Education issues a Decree Number 273/2012 concerning The Appointment of Inclusive Education Resource Center of the Province of DKI Jakarta. This study aims to identify effectiveness and success of the inclusive education resource center program at special needs schools appointed by the Office of Education of DKI Jakarta. A mix-method combining qualitative and quantitative approaches was employed in this evaluative study in addition to a combination of Context, Input, Process, Product dan Outcome (CIPPO) model and Hammond Model. Findings of the study show that: (1) context component, all aspects and indicators have met the criteria; (2) input component, all aspects have not met the criteria, i.e. fund readiness, exclusion of the program managers in the organizational structure; (3) process component, all aspects have not met the criteria, i.e. counselling and consultation services for the teachers of inclusive schools, and socialization of resource center program implementation; (4) product component, all aspects have met the criteria; and (5) outcome component, all aspects have not met the criteria i.e. skills of the teachers’ at the inclusive education organizers for implementing the learning designed for special needs children in inclusive schools.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. A. Suhaenah Suparno
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 10289 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:48
Last Modified: 06 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item View Item