ALFIAN RAHMANTO, . (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW DAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS X TITL SMK TAMAN SISWA 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0. Cover FIX.pdf Download (17kB) |
|
Text
1. Abstrak B.Indo FIX.pdf Download (118kB) |
|
Text
2. Abstract B.Ing FIX.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I (FIX).pdf Download (50kB) |
|
Text
BAB II (FIX).pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB III (FIX).pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB IV (FIX).pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB V (FIX).pdf Download (108kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (51kB) |
Abstract
Model pembelajaran klasikal merupakan model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru karena dianggap sebagai model pembelajaran yang paling mudah dilaksanakan. Model pembelajaran ini membuat guru berperan aktif sedangkan siswa menjadi pasif sehingga kurang dapat menyerap sampai tuntas materi yang diajarkan guru. Dalam mempelajari pengukuran komponen elektronika, sangat dibutuhkan pemahaman siswa untuk menyelesaikan suatu masalah terutama masalah-masalah yang cukup kompleks, sehingga model pembelajaran klasikal kurang sesuai digunakan dalam pembelajaran pengukuran komponen elektronika karena kurang dapat menggali pemahaman siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran kooperatif yang dipilih adalah type Jigsaw dan Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif model pembelajaran yang sesuai bagi siswa kelas X TITL untuk dapat meningkatkan kemampuan pengukuran komponen elektronika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode cluster random sampling, 20 siswa kelas eksperimen 1 yaitu yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type Jigsaw dan 20 siswa kelas eksperimen 2 yaitu yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes objektif sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pengukuran komponen elektronika kelas eksperimen 1 adalah 78,75 dan kelas eksperimen 2 adalah 72,25. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 1,714 dan ttabel sebesar 1,697 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 38. Dapat dilihat bahwa thitung (1,714) > ttabel (1,697) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara rata-rata hasil belajar pengukuran komponen elektronika bagi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type Jigsaw dengan rata-rata hasil belajar pengukuran komponen elektronika bagi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type Student Teams-Achievement Divisions (STAD). ************ The Classical model of learning is a learning model that is often used by teachers since it is considered as a model of learning that is most easily implemented. This model makes the teacher plays an active role while the students become passive so less able to absorb up to complete the material being taught teachers. In studying the measurement electronics components, much needed understanding the student to solve a problem especially the problems are quite complex, so the classical teaching models are less suitable for use in the measurement of learning electronics components due to lack of understanding of the students can explore. One of the models that can be used to enhance students’ understanding is cooperative learning model and cooperative learning model chosen is a type Jigsaw and Student Teams-Achievement Divisions (STAD). The purpose of this study was to obtain suitable alternative teaching models for student of class X TITL to improve students’ ability measurement electronics components. The method used is the method of quasi experiment. Samples were taken by using cluster random sampling method, 20 grade students experiment 1 is that in teaching using cooperative learning models Jigsaw type and 20 grade students experiment 2 is that in teaching using cooperative learning models Student Teams-Achievement Divisions (STAD) type. The research instrument used in the form of objective tests as many as 25 questions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Drs. Budjari, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Mar 2021 04:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2021 04:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14832 |
Actions (login required)
View Item |