PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN OPTIMAL PADA DOMPET DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEORI PERMAINAN

DEVY RETNOSARI, . (2020) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN OPTIMAL PADA DOMPET DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEORI PERMAINAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang paling dipentingkan konsumen dalam memilih dompet digital dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang optimal bagi masing-masing merek dompet digital. Adapun merek dompet digital yang diteliti yaitu OVO, DANA, dan GoPay. Ketidakpastian penilaian konsumen terhadap produk yang digunakan diinterpretasikan dengan menggunakan logika fuzzy . Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi murni. Strategi yang diteliti meliputi promosi, fitur keamanan, fitur transfer, kemudahan upgrade akun ke fitur premium, kemudahan top-up saldo, kemitraan, dan pelayanan customer service. Berdasarkan hasil pengolahan data, atribut yang paling dipentingkan konsumen dalam memilih dompet digital yaitu fitur keamanannya dan berdasarkan teori permainan strategi optimal untuk OVO adalah fitur keamanan, strategi optimal untuk DANA adalah kemudahan top-up saldo, dan strategi optimal untuk GoPay adalah fitur transfer ke sesama pengguna atau ke rekening bank. Secara keseluruhan permainan dikuasai oleh dompet digital GoPay. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Dompet Digital, Bilangan Fuzzy Segitiga, Teori Permainan. --------------------------------------------------------- Game theory is a mathematical model used in situations of conflict or competition between various interests that face each other as competitors. The purpose of this study is to determine the attributes that are most important to users in choosing a digital wallet and to find out the optimal marketing strategy for each digital wallet brand. The digital wallet brands studied were OVO, DANA ,and GoPay. The consumer rating uncertainty of the products used is interpreted using fuzzy logic. The strategy used in this research is pure strategy. The strategies studied included promotions, security features, transfer features, easy to upgrade account to premium features, easy to top-up balances, partnerships, and customer service. Based on the results of data processing, the most important attribute for consumers in choosing a digital wallet is its security features and based on game theory the optimal strategy for OVO is a security feature, the optimal strategy for DANA is the ease of top-up balances, and the optimal strategy for GoPay is the transfer feature. Overall the game is dominated by GoPay. Keywords : Marketing Strategy, Digital Wallet, Triangular Fuzzy Number, Game Theory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si. ; 2). Ibnu Hadi, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 10061 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:01
Last Modified: 16 Mar 2021 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item