BENTUK PENYAJIAN ANSAMBEL CELEMPUNGAN PADA GRUP ETNIKA DAYA SORA PRODUCTION DI KOTA BOGOR

MUHAMMAD WILLY HAZMILUDI, . (2021) BENTUK PENYAJIAN ANSAMBEL CELEMPUNGAN PADA GRUP ETNIKA DAYA SORA PRODUCTION DI KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bentuk penyajian ansambel celempungan pada grup Etnika Daya Sora Production di kota Bogor. Metodologi Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan objek penelitian kesenian ansambel celempungan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian bentuk penyajian celempungan mengacu pada teori Murgiyanto yang mencakup unsur-unsur bentuk penyajian celempungan mengenai musik atau lagu, alat musik, pemain, perlengkapan pementasan, tempat pementasan dan urutan penyajian. Celempungan memiliki empat instrumen yaitu kacapi, kendang, rebab, gong, dan fungsi semua waditra merupakan untuk mengiringi vokal. Pada penyajiannya kacapi berperan sebagai pengiring seluruh musik, rebab mempunyai peran penting yaitu memainkan melodi di setiap lagu yang dibawakan, kendang berperan sebagai pengatur tempo pada lagu, gong berperan sebagai pengakhir setiap kalimat lagu, dan vokal berperan sangat penting yaitu sebagai pembawa lagu. The purpose of this research is to describe the form of presentation of celempungan ensembles at the Etnika Daya Sora Production group in the city of Bogor. Research Methodology used in this research is Qualitative Descriptive research methodology, with the object of art research ensemble celempungan. Data collection techniques using observation, literature studies, interviews, and documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and inference. To check the validity of the data using triangulation. The results of the research on the form of presentation of celempungan refer to Murgiyanto's theory which includes elements of the form of presentation of celempungan about music or songs, musical instruments, players, staging equipment, staging venues and the order of presentation. Celempungan has four instruments, namely kacapi, kendang, rebab, gong, and the function of all instruments is to accompany the vocals. In the presentation kacapi serves as the accompaniment of all music, rebab has an important role that is playing the melody in each song performed, kendang serve as the tempo regulator on the song, gong serves as the ending of each sentence of the song, and the vocals play a very important role as the host.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Saryanto, M.Sn. 2) Dr. Caecilia Hardiarini, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Seni Musik > Jenis, Aliran Musik
Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 9331 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:51
Last Modified: 15 Mar 2021 07:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item