OPTIMASI KECEPATAN KENDARAAN DAN PUTARAN MESIN PADA PERPINDAHAN SISTEM TRANSMISI MANUAL CONSTANT MESH SEPEDA MOTOR SATU SILINDER HONDA FIT X

ANGGI GILANG, . (2021) OPTIMASI KECEPATAN KENDARAAN DAN PUTARAN MESIN PADA PERPINDAHAN SISTEM TRANSMISI MANUAL CONSTANT MESH SEPEDA MOTOR SATU SILINDER HONDA FIT X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengoptimasi kecepatan kendaraan dan putaran mesin sepeda motor satu silinder Honda fit x yang telah dimodifikasi menggunakan transmisi otomatis pada saat perpindahan gigi agar diperoleh perpidahan gigi yang optimal sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan cara menguji kecepatan kendaraan dan putaran mesin pada Honda fit x dengan transmisi manual yang dilakukan oleh 5 sampel pengendara sebagai acuan untuk menentukan variasi perpindahan gigi. Variasi tersebut digunakan sebagai data dalam melakukan pengujian sepeda motor Honda fit x dengan modul transmisi manual yang dilakukan di jalan mendatar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecepatan kendaraan dan putaran mesin yang paling optimal digunakan pada sepeda motor Honda fit x dengan penambahan modul transmisi otomatis didapatkan kecepatan kendaraan dan putaran mesin sebagai berikut 1-2 (≥15 km/jam dan ≥3000 rpm) 2-3 (≥25 km/jam dan ≥3500 rpm) 3-4 (≥35 km/jam dan ≥3800 rpm) 4-3 (≤25 km/jam dan ≤2400 rpm) 3-2 (≤15 km/jam dan ≤1500 rpm) 2-1 (≤10 km/jam dan ≤1500 rpm) karena pada saat menggunakan program variasi tersebut mendapatkan akselerasi yang paling cepat dengan modul transmisi otomatis. The purpose of this research is to optimize the vehicle speed and engine rotation of a Honda fit x one cylinder motorcycle which has been modified using an automatic transmission during gear shifting in order to obtain optimal gear shift so as to provide comfort for the rider. This research test was conducted by testing the vehicle speed and engine speed on the Honda Fit x with a manual transmission carried out by 5 samples of riders as a reference for determining gearshift variations. This variation is used as data in testing Honda fit x motorbikes with a manual transmission module which is carried out on a horizontal road. The results of this study indicate that the most optimal vehicle speed and engine speed are used on Honda fit x motorbikes with the addition of an automatic transmission module, the vehicle speed and engine speed are as follows 1-2 (≥15 km / hour and ≥3000 rpm) 2-3 (≥25 km / h and ≥3500 rpm) 3-4 (≥35 km / h and ≥3800 rpm) 4-3 (≤25 km / h and ≤2400 rpm) 3-2 (≤15 km / h and ≤ 1500 rpm) 2-1 (≤10 km / h and ≤1500 rpm) because when using this variation program you get the fastest acceleration with the automatic transmission module.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Tri tyassmadi, M.Pd ; 2). I Wayan Sugita , S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 10300 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:38
Last Modified: 17 Mar 2021 07:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

View Item View Item