Analisis Pilihan Rasional Sarjana Lulusan Pendidikan Sosiologi: Antara Latar Belakang Pendidikan dengan Pekerjaan (Studi Kasus: Alumni Pendidikan Sosiologi Lulusan Tahun 2015 – 2017 Universitas Negeri Jakarta)

Anathulloh Akbar, . (2018) Analisis Pilihan Rasional Sarjana Lulusan Pendidikan Sosiologi: Antara Latar Belakang Pendidikan dengan Pekerjaan (Studi Kasus: Alumni Pendidikan Sosiologi Lulusan Tahun 2015 – 2017 Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.Cover + Halaman Depan.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Instumen Penelitian.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pilihan rasional sarjana lulusan pendidikan sosiologi angkatan 2010-2014 dalam pemilihan pekerjaan di dalam dunia pekerjaan yang memiliki dua tujuan penelitian. Pertama,untuk mengetahui persepsi para lulusan Prodi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta angkatan tahun 2010-2012 mengenai dunia kerja. Kedua, untuk mengetahui latar belakang pilihan rasional lulusan Prodi pendidikan sosiologi tahun angkatan 2010-2012 pada pekerjaan yang mereka jalani. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 2017. Dalam penelitian ini subjek penelitian terdiri dari 9 orang. Pada tiap angkatannya subyek penelitian dibagi menjadi 3 orang per angkatan. Setiap angkatan memiliki 2 orang yang bekerja di bidang non-Guru dan 1 orang bekerja menjadi Guru Temuan penelitian menunjukkan bahwa setiap motif yang melatar belakangi para lulusan Alumni Pendidikan Sosiologi tahun angkatan 2010-2012 dalam memilih pekerjaan berbeda-beda. Motif para lulusan Pendidikan Sosiologi mengalami Pilihan Rasional didasarkan 3 kategori yakni Kategori berdasarkan Aksiomatik terdiri dari 3 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan nilai yang dipercayai. Kategori kedua berdasarkan Utilitas terdiri dari 4 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan Materi, sedangkan Kategori ketiga terdiri dari 2 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan Situasional yang berorientasi berdasarkan situasi dan kondisi aktor dalam melakukan suatu pilihan rasional. Kategori dalam teori pilihan rasional ini dikemukakan oleh sosiolog Raymond Boudon. Faktor yang mempengaruhi antara lain dikarenakan ekspektasi dunia pekerjaan yang tidak sesuai dengan realitanya sehingga menyebabkan beberapa lulusan Sarjana Pendidikan dari Prodi Pendidikan Sosiologi dihadapkan pada pilihan rasional untuk bekerja selain di bidang keguruan. Namun, tidak serta merta ilmu yang didapatkan alumni selama perkuliahan tidak dapat diimplementasikan di dalam dunia kerja, hampir seluruh informan menunjukkan bahwa apa yang telah didapat di perkuliahan masih ada yang bisa diterapkan dalam dunia pekerjaan, seperti keterampilan menulis, kemampuan berkomunikasi dengan baik serta ilmu pendidikan maupun ilmu sosiologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eman Surachman, MM 2) Achmad Siswanto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Oct 2019 15:06
Last Modified: 09 Oct 2019 15:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item