PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS HYPERCONTENT UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

OTTO FAJARIANTO, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS HYPERCONTENT UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (913kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Bahan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dengan memanfaatkan teknologi kita dapat membuat bahan pembelajaran yang interaktif dimana terdapat audio, video dan multimedia di dalamnya. Tidak hanya menampilkan bahan pembelajaran yang interaktif, tetapi kemudahan penggunaannya serta akses data dan informasinya juga harus dipertimbangkan agar peserta didik dapat belajar mandiri tanpa batasan ruang dan waktu. Kebutuhan terhadap teknologi informasi yang terus meningkat harus di imbangi dengan Pendidikan karakter. Pendidikan Karakter dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan data dan informasi yang mengakibatkan timbulnya berita yang negatif pada psesrta didik.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan pembelajaran karakter berbasis hypercontent yang layak dan efektif untuk anak Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah research and development dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 35 peserta didik untuk uji lapangan. Instrumen yang digunakan pre-test dan post-test. Sebelum dilakukaan ujicoba produk yang dikembangkan dilakukan validasi oleh tim ahli yaitu ahli materi, desain, dan media. Teknik analisis digunakan uji T Paired guna mengetahu perbedaan hasil sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Hasil uji statistic bahwa p-value=0.000 < 0.05. Artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah intervensi, dapat disimpulkan bahwa, buku teks pembelajaran berbasis hypercontent efektif untuk pembelajaran pendidikan karakter pada siswa kelas satu sekolah dasar. Kesimpulnya bahwa pembelajaran dengan buku teks karakter berbasis hypercontent dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kelayakan buku teks karakter berbasis hypercontent dapat digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan karakter siswa kelas satu Sekolah Dasar. Instructional materials are one of the factors that can influence the learning outcomes of learners. By utilizing technologies, we can create interactive and instructional materials with audio, video, and multimedia. Not only does it display interactive instructional materials, but its ease of use and access to data and information must also be considered so that learners can learn independently without the limitations of space and time. The growing need for information technology must be balanced with character education. Character Education is carried out so as not to misuse data and information that results in the emergence of negative news on students. This research aims to produce hyper content-based character learning materials that are feasible and effective for elementary school children. The method used is research and development with a quantitative approach. It involves 35 learners for field tests. Instruments used pre-test and post-test. Before the product test was conducted, validation was carried out by a team of experts, namely material, design, and media experts. The analysis technique uses a T Paired test to determine the difference in results before and after the intervention. Statistic test result that p-value=0.000 < 0.05. This means that there is a difference between before and after the intervention. It can be concluded that hyper content-based learning textbook are effective for character education learning in first-grade elementary school students. It concluded that learning with textbook can improve student learning outcomes. The feasibility of e-learning textbook can be used in learning character education of first graders in elementary school.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9664 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:55
Last Modified: 18 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item