HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK ISLAM PB. SOEDIRMAN 2 DI JAKARTA TIMUR

TRIWIBISONO ISKANDAR, . (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK ISLAM PB. SOEDIRMAN 2 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TRIWIBISONO ISKANDAR-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar p ada Siswa SMK Islam PB. Soedirman 2. Penelitian dilakukan di Jurusan Administrasi Perkantoran, SMK Islam PB. Soedirman 2, Jakarta Timur selama empat bulan, yaitu dari bulan Februari sampai dengan Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK Islam PB. Soedirman 2. Sedangkan Populasi terjangkaunya adalah Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana sebanyak 62 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 55,11 + 0,24 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0680, sedangkan Ltabel untuk n = 62 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,11252. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,13 < 1,82, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 29,25 > 4,00, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,572, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 5,408 dan ttabel =1.67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,572 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 32,77 % yang menunjukkan bahwa variasi Prestasi Belajar ditentukan oleh Minat Belajar dan 67,23% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Dientje Griandini 2.) Dra. Corry Yohana, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:03
Last Modified: 14 Nov 2019 11:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item