PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME MOVING SONG DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE, DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019/2020

NASRAH, . (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME MOVING SONG DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE, DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019/2020. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (546kB)

Abstract

Meningkatkan penguasaan bahasa asing dapat dimulai sejak usia dini. golden age adalah masa yang tepat untuk menstimulasi berbagai kecerdasan anak usia dini dengan baik dan benar serta menyenangkan, khususnya pemenuhan kebutuhan stimulasi kecerdasan berbahasa. Penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen terhadap anak taman kanak-kanak kelompok b di provinsi sulawesi selatan. Kelas eksperimen terhadap 60 anak dengan di berikan metode pembelajaran bermain gerak lagu pada TK Islam Al Markas Al Islami sedangkan kelas kontrol dengan metode pembelajaran total physical respon di TK Rosihan anwar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara anak yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dan tinggi dengan diberika metode pembelajaran bermain gerak lagu dan total physical response. Tetapi untuk dapat menguasai kosakata bahasa inggris tinggi lebih tepat menggunakan metode pembelajaran bermain gerak lagu, hal ini karena anak lebih bersemangat, lebih aktif, lebih enjoy dan senang sehingga mudah menguasai kosakata bahasa Inggris baru. Improving foreign language mastery can be started from an early age. the golden age is the right time to stimulate various early childhood intelligences properly and fun, especially meeting the needs for stimulating language intelligence. This quantitative study used an experimental approach to group B kindergarten children in South Sulawesi province. The experimental class with 60 children was given the method of learning to play songs at the Al Markaz Al Islamic Kindergarten, while the control class used the total physical response learning method at Rosihan Anwar Kindergarten. Based on the results of the study, it shows that there is no interaction between children who have low and high linguistic intelligence with learning methods to play songs and total physical response. But to be able to master high English vocabulary, it is more appropriate to use the learning method of playing song movements, this is because children are more enthusiastic, more active, more enjoy and happy so that it is easy to master new English vocabulary.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. ; 2). Prof. Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 708 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:19
Last Modified: 06 Oct 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

View Item View Item